Alasan Meriam Paladin Jadi Senjata Paling Ditakuti Rusia

Senin, 12 Februari 2024 - 17:03 WIB
loading...
Alasan Meriam Paladin Jadi Senjata Paling Ditakuti Rusia
Meriam Paladin milik Amerika Serikat menjadi salah satu senjata yang paling ditakuti Rusia. (Foto: The Daily Digest)
A A A
JAKARTA - Meriam M109A6 Paladin milik Amerika Serikat menjadi salah satu senjata yang paling ditakuti Rusia dalam perang melawan Ukraina. Saking tangguhnya, senjata ini bahkan diklaim mustahil dihancurkan.

Paladin M109A6 adalah sistem artileri meriam dengan howitzer self-propelled yang diproduksi di pusat operasi produksi paladin di Chambersburg. Paladin pertama kali diterjunkan pada tahun 1994.

Selain sulit dihancurkan, reputasi Paladin di medan perang juga karena sistemnya cukup mobile untuk melakukan misi tembak-dan-mundur yang memungkinkannya untuk menembak tentara Rusia dan bergerak sebelum ada tembakan balasan.

"Kemampuan Paladin untuk reposisi cepat setelah menembak telah membuat mereka menjadi tantangan yang membingungkan bagi pasukan artileri Rusia," tulis Howard Altman dalam analisisnya tentang bagaimana sistem senjata AS digunakan oleh Brigade Mekanik 47 Ukraina, dilansir dari The Daily Digest, Senin (12/2/2024).


Kehebatan meriam Paladin

1. Tembak dan mundur


Military Today mencatat Paladin dapat berhenti untuk menembakkan peluru dalam waktu kurang dari 60 detik dan kembali bergerak lagi karena waktu pengerahan yang singkat. Kendati demikian, senjata ini tetap memiliki laju tembak maksimum yang signifikan.

2. Laju tembak Paladin


Paladin dapat menembakkan maksimum empat peluru standar dalam waktu kurang dari satu menit dan memiliki laju tembak yang berkelanjutan yang memungkinkan satu peluru ditembakkan ke musuh setiap tiga menit. Namun, Angkatan Bersenjata Ukraina tidak menggunakan Paladin dalam kapasitas yang berkelanjutan.

3. Dorongan kontra serangan


Paladin Ukraina memainkan peran kunci dalam dorongan kontra serangan musim panas negara itu di selatan titik jalan Robotyne-Verbove. Alasan di balik kesuksesan tersebut adalah penggunaannya dalam kombinasi dengan tank Leopard 2A6 buatan Jerman.


4. Peluru standar


Paladin dapat menembakkan peluru artileri howitzer standar 155mm, dan saat ini digunakan untuk menargetkan sasaran yang berjarak kurang dari 6 mil (10 km). Tetapi Brigade Mekanik 47 tidak menggunakan peluru standar melawan posisi Rusia di timur.

5. Menembakkan amunisi klaster


Salah satu Komandan Paladin ke-47 menjelaskan selama wawancara dengan United 24 bahwa ia menembakkan amunisi klaster M864 kepada tentara Rusia. Kombinasi ini efektif karena memungkinkan pasukan Ukraina menghantam dan menghancurkan sejumlah besar infanteri selama serangan.

6. Kunci kemenangan di Robotyne


Paladins Brigade Mekanik 47 sangat berperan dalam merebut kembali desa strategis kunci Robotyne di rute ke kota Tokmak. Paladin kemudian menjaga jalan-jalan menuju Robotyne dari serangan Rusia dan menembakkan lebih dari 100 peluru setiap hari pada saat itu.

7. Mustahil dihancurkan


Anggota Duma Rusia Andrey Gurulev melaporkan di saluran Telegramnya pada September 2023 bahwa meriam Paladin sangat sulit atau hampir mustahil untuk dihancurkan.

"Kami membakar banyak artileri tarik mereka, mereka beralih menggunakan meriam self-propelled. Orang-orang kami mengatakan bahwa sangat sulit, hampir tidak mungkin, untuk menangkap mereka; setelah tembakan pengamatan kedua mereka bergerak dan mengubah posisi," kata Gurulev.
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.7066 seconds (0.1#10.140)