13 Hewan Paling Pintar di Dunia, Gajah dan Kucing Kalahkan Anjing

Senin, 12 Februari 2024 - 23:00 WIB
loading...
A A A

4. Gorila


Untuk melindungi diri dari semua musuh alaminya, gorila telah berevolusi menjadi struktur sosial yang sangat rumit yang disebut batalyon gorila. Mereka memiliki kecerdasan emosional dan kesadaran diri yang kuat.

Koko si Gorila adalah satu-satunya Gorila yang memiliki reputasi kecerdasan yang lebih tinggi. Koko memahami lebih dari seribu isyarat dan lebih dari dua ribu kata yang diucapkan. Gorila lowland barat itu menjadi simbol The Gorilla Foundation dan menjadi maskot untuk hak-hak hewan dan agensi perlindungan lingkungan. Dia bertemu dengan berbagai individu selama 46 tahun hidupnya, termasuk aktor Robin Williams, yang kemudian menjadi sahabat.

Faktanya, dia mulai menangis ketika pengasuhnya memberitahukan tentang meninggalnya Robin Williams, dan dia tidak berhenti sejenak. Dia adalah bukti bahwa Gorila adalah salah satu hewan paling pintar di Bumi.

5. Gagak Kaledonia Baru


Gagak Kaledonia Baru adalah burung paling pintar di antara semua burung. Selama tes untuk melihat seberapa efektif Gagak Kaledonia Baru dapat menggunakan alat, seekor burung bernama Betty berperan sebagai perwakilan.

Untuk menguji kecerdasannya, para peneliti di Universitas Oxford menggunakan sepotong daging terlalu besar untuk dimasukkan oleh Betty ke dalam tabung. Dia memutuskan untuk mengambil sepotong kawat yang masih berada di dalam sangkar dan membengkokkan ujung kawat dengan objek yang ada di sekitar.

Betty telah membentuk kail dari sepotong kawat dengan menggunakan barang di sangkar untuk membuat alat lain, yang kemudian digunakan untuk mengeluarkan makanan dari tabung yang sempit. Ini cukup untuk mengkategorikan Gagak Kaledonia Baru sebagai salah satu hewan paling pintar di Dunia.


6. Lumba-lumba


Kemampuan lumba-lumba menyelesaikan teka-teki rumit, menjaga struktur sosial, memahami hubungan manusia, dan bahkan mengajarkan tugas-tugas yang sulit kepada lumba-lumba lain menjadikan mereka di antara hewan paling pintar di Dunia.

Otak lumba-lumba memiliki berat sekitar 3,5 pon, menjadikan satwa ini salah satu hewan dengan rasio otak-ke-tubuh tertinggi, hanya kalah dari manusia. Lobus temporal lumba-lumba adalah tempat mereka memproses bahasa dan informasi auditori, tidak seperti manusia dan primata.

Sistem paralimbik yang sangat berkembang memungkinkan lumba-lumba memahami dan membaca emosi orang lain di sekitarnya. Otak yang canggih dari makhluk laut ini adalah yang memberikan mereka kecerdasan emosional yang khas. Ini memungkinkan mereka memahami gagasan-gagasan kompleks, mengembangkan masyarakat sendiri, memahami pentingnya berkomunikasi melalui simbol, dan mengidentifikasi diri dalam cermin.

7. Kambing


Meskipun kambing mungkin tidak terlihat sebagai makhluk paling cerdas di dunia, sebenarnya hewan ini memiliki sistem sosial yang canggih dan ingatan yang kuat. Kambing diyakini sama cerdasnya dengan lumba-lumba, ikan paus, dan hewan paling cerdas lainnya.

Faktanya, para peneliti dari Institut Ilmu Pertanian di Swiss dan Queen Mary University of London berkolaborasi untuk mengembangkan tugas bagi kambing untuk menunjukkan kecerdasannya.

Kambing-kambing itu dilatih untuk menarik tali dengan gigi, kemudian mengangkat tuas lain dengan hidung, semuanya sambil makan buah dalam kotak plastik. Sembilan kambing yang berpartisipasi dalam tes bisa menguasai keterampilan tersebut setelah hanya empat percobaan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1953 seconds (0.1#10.140)