13 Hewan Paling Pintar di Dunia, Gajah dan Kucing Kalahkan Anjing

Senin, 12 Februari 2024 - 23:00 WIB
loading...
A A A
Ketika sembilan kambing yang dilatih diuji sepuluh bulan kemudian, hampir semua bisa mendapatkan buah dalam waktu kurang dari satu menit. Hanya satu kambing yang tidak bisa mengingat bagaimana cara mendapatkan buah. Ini adalah bukti kambing adalah salah satu hewan paling pintar di Dunia.


8. Burung Beo


Kemampuan yang paling terkenal dari burung beo adalah belajar kata-kata dari bahasa manusia dan mengulangnya dengan ketepatan yang menakjubkan.

Karena DNA-nya, burung beo dapat berpikir secara abstrak, dan otaknya tumbuh dengan cara yang mirip dengan manusia. Mereka adalah makhluk ramah yang memerlukan interaksi dan waktu dengan makhluk lainnya. Jika tidak, akan mengalami depresi berat.

Selain berbicara, burung beo menunjukkan tindakan cerdas lainnya, seperti menggunakan alat untuk memecahkan masalah. Burung ini dapat belajar untuk berbicara tentang berbagai pengaturan dan mengingat hingga seratus kata, terkadang lebih.

Jika tidak percaya, adopsi seekor burung beo dan coba ajarkan beberapa kata. Anda akan terkejut betapa cepatnya burung beo mengerti kata-kata yang diucapkan. Penelitian mengatakan beberapa ras burung beo lebih cerdas daripada yang lain.

Misalnya, Burung Beo Abu-Abu Afrika adalah salah satu burung beo yang paling vokal yang dapat diadopsi. Mereka memiliki bakat untuk menirukan kata-kata lebih cepat daripada ras lain. Inilah sebabnya harganya lebih mahal.

9. Anjing


Anjing sangat setia dan cerdas, menjadikannya teman manusia yang ideal. Ras anjing terbaik dapat mempelajari bahasa manusia, memecahkan masalah, dan mengingat hubungan sebab-akibat.

Anjing telah melayani berbagai fungsi sepanjang sejarah yang tertanam dalam DNA-nya berkat kemampuan untuk menjalankan perintah yang rumit dan berantai. Sebagai contoh, anjing telah digunakan untuk mengendus penjahat, penjagaan, penggembalaan, dan berburu selama ribuan tahun.

Cukup lihat anjing penjaga dan polisi serta kemampuan mereka untuk mengamati orang lain di sekitarnya, dan Anda akan menyadari mengapa mereka dianggap sebagai salah satu hewan paling pintar di Dunia.

10. Tikus


Meskipun memiliki otak dan tubuh yang kecil, tikus adalah salah satu hewan paling pintar di dunia. Tikus telah menunjukkan preferensi terhadap hal-hal dan individu tertentu, seperti hewan peliharaan lainnya.

Mereka akan mendengkur seperti kucing atau bahkan berdecak tertawa dengan suara tinggi ketika senang memiliki tamu. Mereka menggunakan proses yang dikenal sebagai metakognisi, atau membuat penilaian berdasarkan apa yang diketahui atau tidak, daripada bertindak sewenang-wenang. Dengan demikian, tikus lebih mudah dilatih daripada spesies hewan pengerat rumah tangga biasa, seperti kelinci.

Tikus belajar meniru perilaku tertentu dengan cepat jika mereka cukup dihargai. Namun, tikus akan lebih bahagia jika diajarkan lebih banyak trik padanya karena akan mendapatkan lebih banyak stimulasi mental dan kesempatan mendapatkan lebih banyak hadiah. Jika tidak percaya, tonton film ratatouille dan Anda akan melihat seberapa cerdas seekor tikus.

11. Babi


Babi termasuk hewan paling pintar di dunia, bahkan lebih cerdas daripada anjing. Mereka memiliki kesadaran spasial yang baik dan dapat mengingat hubungan sebab-akibat seperti anjing. Faktanya, kemampuan babi untuk mengingat apa yang terjadi di area tertentu, terutama ketika menyangkut mencari atau mendapatkan makanan, dipengaruhi oleh rasa arah mereka.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1756 seconds (0.1#10.140)