13 Hewan Paling Pintar di Dunia, Gajah dan Kucing Kalahkan Anjing

Senin, 12 Februari 2024 - 23:00 WIB
loading...
13 Hewan Paling Pintar di Dunia, Gajah dan Kucing Kalahkan Anjing
Gajah memiliki ingatan tajam dan tingkat kecerdasan emosional luar biasa. (Foto: Animals Araund The Globe)
A A A
JAKARTA - Anjing selama ini dikenal sebagai hewan paling pintar di dunia. Namun, soal kecerdasan banyak hewan lain yang setara bahkan melampauinya.

Kecerdasan mereka meliputi pola pikir yang kompleks yang sebanding dengan anak manusia, kemampuan bertahan dan beradaptasi dengan lingkungan selama ribuan tahun, kemampuan navigasi, memecahkan masalah, hingga memahami bahasa manusia.

Hewan-hewan paling cerdas di dunia ini bervariasi dalam ukuran dan bentuk, menempati berbagai lingkungan baik di darat maupun laut serta hidup berdampingan dengan umat manusia.

Berikut 13 hewan paling pintar di Dunia dilansir dari Animals Around The Globe, Senin (12/2/2024):

1. Gajah


Hewan paling pintar di dunia di posisi pertama adalah gajah. Gajah terkenal karena memiliki ingatan yang sangat baik dan tingkat kecerdasan emosional luar biasa. Makhluk raksasa ini begitu canggih sehingga dapat membedakan beberapa bahasa manusia.



Faktanya, para peneliti dari Universitas Sussex merekam dua orang laki-laki yang berbicara kalimat yang identik dalam dua bahasa yang berbeda sebagai bagian dari penyelidikan mereka. Salah satu pria berasal dari suku Kamba, sedangkan yang lainnya dari suku Maasai di daerah tersebut, yang memiliki reputasi sebagai pemburu gajah liar.

Gajah-gajah itu berkumpul bersama dan menjadi protektif ketika pria Maasai mengatakan, "Lihatlah di sana, gajah mendekat." Namun, gajah tidak menunjukkan reaksi ketika pria dari suku Kamba mengatakan kalimat yang sama.

Tidak peduli bahasa yang mereka dengar, gajah telah mengetahui frase mana yang seharusnya memicu respons. Pada akhirnya, kemampuan mereka untuk mengingat kalimat dan kata-kata manusia membuatnya menjadi salah satu hewan paling pintar di Dunia.

2. Orangutan


Orangutan memiliki kemampuan luar biasa untuk berbicara tentang masa lalu. Oleh karena itu, mereka adalah salah satu hewan paling pintar di Dunia. Mereka memiliki kemampuan umum yang mereka bagikan dengan manusia, yang dikenal sebagai rujukan tergeser.

Para ilmuwan di Universitas Saint Andrew di Skotlandia menguji sekelompok orangutan untuk mengidentifikasi bagaimana mereka akan berperilaku dalam kelompok ketika mereka melihat predator. Namun, pada kenyataannya, predator-predator ini adalah ilmuwan yang berpakaian kostum predator.

Setelah melihat "predator-predator" palsu itu, orangutan akan dilanda rasa ketakutan, mulai menyembunyikan anak-anaknya dan memberi tahu orangutan lain ada predator. Kemampuan bereaksi terhadap bahaya inilah yang membuat mereka termasuk di antara primata paling cerdas di Dunia.

3. Kucing


Karena kemampuannya untuk mempertahankan kemandirian bahkan setelah dijinakkan, kucing dianggap lebih cerdas daripada anjing. Memori mereka yang superior menjelaskan persepsi mereka yang lebih tinggi terhadap kecerdasan. Kucing memiliki ingatan 200 kali lebih kuat daripada anjing dan dapat mengingat detail suatu hari selama hingga 16 jam.

Meskipun anjing mungkin lebih baik dalam membantu manusia, kucing memiliki otak yang jauh lebih canggih. Anjing hanya memiliki 160 neuron di otak mereka dibandingkan dengan 300 neuron kucing, menjadikan mereka salah satu hewan paling pintar di Dunia.


4. Gorila


Untuk melindungi diri dari semua musuh alaminya, gorila telah berevolusi menjadi struktur sosial yang sangat rumit yang disebut batalyon gorila. Mereka memiliki kecerdasan emosional dan kesadaran diri yang kuat.

Koko si Gorila adalah satu-satunya Gorila yang memiliki reputasi kecerdasan yang lebih tinggi. Koko memahami lebih dari seribu isyarat dan lebih dari dua ribu kata yang diucapkan. Gorila lowland barat itu menjadi simbol The Gorilla Foundation dan menjadi maskot untuk hak-hak hewan dan agensi perlindungan lingkungan. Dia bertemu dengan berbagai individu selama 46 tahun hidupnya, termasuk aktor Robin Williams, yang kemudian menjadi sahabat.

Faktanya, dia mulai menangis ketika pengasuhnya memberitahukan tentang meninggalnya Robin Williams, dan dia tidak berhenti sejenak. Dia adalah bukti bahwa Gorila adalah salah satu hewan paling pintar di Bumi.

5. Gagak Kaledonia Baru


Gagak Kaledonia Baru adalah burung paling pintar di antara semua burung. Selama tes untuk melihat seberapa efektif Gagak Kaledonia Baru dapat menggunakan alat, seekor burung bernama Betty berperan sebagai perwakilan.

Untuk menguji kecerdasannya, para peneliti di Universitas Oxford menggunakan sepotong daging terlalu besar untuk dimasukkan oleh Betty ke dalam tabung. Dia memutuskan untuk mengambil sepotong kawat yang masih berada di dalam sangkar dan membengkokkan ujung kawat dengan objek yang ada di sekitar.

Betty telah membentuk kail dari sepotong kawat dengan menggunakan barang di sangkar untuk membuat alat lain, yang kemudian digunakan untuk mengeluarkan makanan dari tabung yang sempit. Ini cukup untuk mengkategorikan Gagak Kaledonia Baru sebagai salah satu hewan paling pintar di Dunia.


6. Lumba-lumba


Kemampuan lumba-lumba menyelesaikan teka-teki rumit, menjaga struktur sosial, memahami hubungan manusia, dan bahkan mengajarkan tugas-tugas yang sulit kepada lumba-lumba lain menjadikan mereka di antara hewan paling pintar di Dunia.

Otak lumba-lumba memiliki berat sekitar 3,5 pon, menjadikan satwa ini salah satu hewan dengan rasio otak-ke-tubuh tertinggi, hanya kalah dari manusia. Lobus temporal lumba-lumba adalah tempat mereka memproses bahasa dan informasi auditori, tidak seperti manusia dan primata.

Sistem paralimbik yang sangat berkembang memungkinkan lumba-lumba memahami dan membaca emosi orang lain di sekitarnya. Otak yang canggih dari makhluk laut ini adalah yang memberikan mereka kecerdasan emosional yang khas. Ini memungkinkan mereka memahami gagasan-gagasan kompleks, mengembangkan masyarakat sendiri, memahami pentingnya berkomunikasi melalui simbol, dan mengidentifikasi diri dalam cermin.

7. Kambing


Meskipun kambing mungkin tidak terlihat sebagai makhluk paling cerdas di dunia, sebenarnya hewan ini memiliki sistem sosial yang canggih dan ingatan yang kuat. Kambing diyakini sama cerdasnya dengan lumba-lumba, ikan paus, dan hewan paling cerdas lainnya.

Faktanya, para peneliti dari Institut Ilmu Pertanian di Swiss dan Queen Mary University of London berkolaborasi untuk mengembangkan tugas bagi kambing untuk menunjukkan kecerdasannya.

Kambing-kambing itu dilatih untuk menarik tali dengan gigi, kemudian mengangkat tuas lain dengan hidung, semuanya sambil makan buah dalam kotak plastik. Sembilan kambing yang berpartisipasi dalam tes bisa menguasai keterampilan tersebut setelah hanya empat percobaan.

Ketika sembilan kambing yang dilatih diuji sepuluh bulan kemudian, hampir semua bisa mendapatkan buah dalam waktu kurang dari satu menit. Hanya satu kambing yang tidak bisa mengingat bagaimana cara mendapatkan buah. Ini adalah bukti kambing adalah salah satu hewan paling pintar di Dunia.


8. Burung Beo


Kemampuan yang paling terkenal dari burung beo adalah belajar kata-kata dari bahasa manusia dan mengulangnya dengan ketepatan yang menakjubkan.

Karena DNA-nya, burung beo dapat berpikir secara abstrak, dan otaknya tumbuh dengan cara yang mirip dengan manusia. Mereka adalah makhluk ramah yang memerlukan interaksi dan waktu dengan makhluk lainnya. Jika tidak, akan mengalami depresi berat.

Selain berbicara, burung beo menunjukkan tindakan cerdas lainnya, seperti menggunakan alat untuk memecahkan masalah. Burung ini dapat belajar untuk berbicara tentang berbagai pengaturan dan mengingat hingga seratus kata, terkadang lebih.

Jika tidak percaya, adopsi seekor burung beo dan coba ajarkan beberapa kata. Anda akan terkejut betapa cepatnya burung beo mengerti kata-kata yang diucapkan. Penelitian mengatakan beberapa ras burung beo lebih cerdas daripada yang lain.

Misalnya, Burung Beo Abu-Abu Afrika adalah salah satu burung beo yang paling vokal yang dapat diadopsi. Mereka memiliki bakat untuk menirukan kata-kata lebih cepat daripada ras lain. Inilah sebabnya harganya lebih mahal.

9. Anjing


Anjing sangat setia dan cerdas, menjadikannya teman manusia yang ideal. Ras anjing terbaik dapat mempelajari bahasa manusia, memecahkan masalah, dan mengingat hubungan sebab-akibat.

Anjing telah melayani berbagai fungsi sepanjang sejarah yang tertanam dalam DNA-nya berkat kemampuan untuk menjalankan perintah yang rumit dan berantai. Sebagai contoh, anjing telah digunakan untuk mengendus penjahat, penjagaan, penggembalaan, dan berburu selama ribuan tahun.

Cukup lihat anjing penjaga dan polisi serta kemampuan mereka untuk mengamati orang lain di sekitarnya, dan Anda akan menyadari mengapa mereka dianggap sebagai salah satu hewan paling pintar di Dunia.

10. Tikus


Meskipun memiliki otak dan tubuh yang kecil, tikus adalah salah satu hewan paling pintar di dunia. Tikus telah menunjukkan preferensi terhadap hal-hal dan individu tertentu, seperti hewan peliharaan lainnya.

Mereka akan mendengkur seperti kucing atau bahkan berdecak tertawa dengan suara tinggi ketika senang memiliki tamu. Mereka menggunakan proses yang dikenal sebagai metakognisi, atau membuat penilaian berdasarkan apa yang diketahui atau tidak, daripada bertindak sewenang-wenang. Dengan demikian, tikus lebih mudah dilatih daripada spesies hewan pengerat rumah tangga biasa, seperti kelinci.

Tikus belajar meniru perilaku tertentu dengan cepat jika mereka cukup dihargai. Namun, tikus akan lebih bahagia jika diajarkan lebih banyak trik padanya karena akan mendapatkan lebih banyak stimulasi mental dan kesempatan mendapatkan lebih banyak hadiah. Jika tidak percaya, tonton film ratatouille dan Anda akan melihat seberapa cerdas seekor tikus.

11. Babi


Babi termasuk hewan paling pintar di dunia, bahkan lebih cerdas daripada anjing. Mereka memiliki kesadaran spasial yang baik dan dapat mengingat hubungan sebab-akibat seperti anjing. Faktanya, kemampuan babi untuk mengingat apa yang terjadi di area tertentu, terutama ketika menyangkut mencari atau mendapatkan makanan, dipengaruhi oleh rasa arah mereka.

Babi dapat dengan cepat berlari pulang bahkan setelah melakukan perjalanan jauh. Mereka kira-kira sama cerdasnya dengan anak-anak berusia tiga tahun dibandingkan dengan manusia. Babi suka berguling di lumpur, tetapi mereka juga mengakui nilai kebersihan.

12. Simpanse


Di internet, simpanse sering ditampilkan berperilaku seperti anak-anak, merawat hewan peliharaan seperti anjing atau kelinci, dan mengemudi mobil mainan. Hewan ini dapat mengalami berbagai emosi, membentuk ikatan dengan hewan-hewan berbagai jenis, dan berbicara lancar dengan orang dan hewan lain. Simpanse sering meniru bagaimana anak-anak kecil menghabiskan waktunya dan kira-kira sama cerdasnya dengan anak berusia lima tahun. Faktanya, makhluk-makhluk ini bisa menangis saat sedih dan tertawa saat bersenang-senang.

Ketika orang lain memiliki apa yang mereka inginkan, mereka menjadi cemburu dan berusaha menyentuh untuk menunjukkan kepedulian pada sesama. Simpanse tidak hanya dapat membedakan antara berbagai objek, tetapi juga dapat memberikan nama-nama rasional untuk barang-barang tersebut. Jadi, saat mengunjungi kebun binatang, ingatlah bahwa hewan-hewan ini memiliki pemahaman yang sangat baik tentang bagaimana Anda berperilaku di depan mereka.

13. Berang-berang


Berang-berang adalah makhluk yang suka berkelompok dengan sistem sosial yang maju dan rasa ingin tahu yang kuat. Keluarga dan klan adalah dua kelompok sosial utama yang dimiliki berang-berang. Ibu dan anak-anaknya membentuk kelompok yang disebut keluarga untuk melindungi satu sama lain dari predator dan mendapatkan sumber daya yang dibutuhkan untuk berkembang.

Kelompok dewasa jantan yang dikenal sebagai klan hanya akan bersatu kembali dengan keluarga selama musim kawin. Olfaksi adalah bentuk komunikasi khusus yang digunakan berang-berang untuk mengidentifikasi lokasi wilayahnya. Mereka meninggalkan aroma di penggalian, tempat tidur, tempat tidur gulungan, dan area tidur. Jadi, saat memutuskan untuk mengadopsi berang-berang, ketahuilah mereka lebih pintar dari yang Anda kira.

Manusia sangat bangga dengan kapasitasnya untuk berpikir. Jika kita melihatnya dari sudut pandang ini, hewan paling pintar di Bumi akan selalu manusia. Namun, kecerdasan bukanlah konsep yang terbatas. Oleh karena itu, beberapa makhluk lain mungkin juga cukup cerdas. Hewan-hewan dalam daftar ini telah berevolusi selama ribuan tahun dan belajar untuk bertahan hidup dan berhasil beradaptasi dengan lingkungan modern. Oleh karena itu, ingatlah ada hewan di dunia dengan tingkat kecerdasan di atas rata-rata manusia.
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3070 seconds (0.1#10.140)