5 Fakta Mencengangkan Harimau Sumatera: Sang Raja Hutan yang Terancam Punah

Jum'at, 05 April 2024 - 09:19 WIB
loading...
5 Fakta Mencengangkan Harimau Sumatera: Sang Raja Hutan yang Terancam Punah
Harimau Sumatera yang mati karena jebakan manusia, membuat keberadaannya semakin terancam. Foto: Aljazeera
A A A
SUMATERA - Harimau Sumatera atau Panthera tigris sumatrae memiliki sejumlah fakta yang menarik diketahui. Salah satunya berkaitan dengan ukuran tubuhnya yang relatif kecil dibandingkan harimau lain.

Harimau Sumatera merupakan sub-spesies harimau asli Pulau Sumatera, Indonesia. Mengutip laman Taman Nasional Bukit Tiga Puluh, hewan ini menjadi salah satu sub-spesies harimau yang masih bertahan hingga sekarang.

Akan tetapi, harimau Sumatera juga termasuk dalam klasifikasi satwa kritis yang keberadaannya terancam punah. Untuk mengenalnya lebih, berikut ini ulasan mengenai sederet fakta harimau Sumatera.

Fakta Harimau Sumatera

1. Ciri Khas
5 Fakta Mencengangkan Harimau Sumatera: Sang Raja Hutan yang Terancam Punah

Harimau Sumatera memiliki beberapa ciri khas yang membedakannya dari spesies lain. Misalnya, seperti warna oranye bulunya yang lebih gelap. Ciri tersebut memungkinkannya menyatu dengan habitat hutan hujan tropisnya.

Kemudian, harimau Sumatera juga memiliki belang yang lebih sedikit di tubuhnya. Belang tersebut juga cenderung lebih rapat dan tampak seperti menyatu.
Ciri khas lain dari harimau ini terletak pada surai dan jenggotnya. Ciri tersebut akan membantu untuk membedakan harimau Sumatera dengan spesies lainnya.

2. Tubuhnya Relatif Kecil

Jika dibandingkan dengan spesies lain, harimau Sumatera diketahui memiliki tubuh yang lebih kecil. Kondisi ini mungkin disebabkan karena ia berevolusi di habitat pulau terpencil.

Kendati begitu, ukuran tubuhnya ini juga punya manfaat lain. Melalui tubuhnya yang kecil, harimau Sumatera bisa bergerak lebih gesit di hutan tropis yang lebat.

3. Perenang Andal

Harimau Sumatera dikenal sebagai predator mengerikan. Tak hanya gesit, ia juga menjadi perenang yang andal. Kemampuan itu didapat karena memiliki selaput di cakarnya yang membantunya berenang. Bukan sekadar mencari mangsa, harimau Sumatera juga suka berenang untuk sekadar ‘ngadem’.

4. Cara Komunikasi dan Berburu

Harimau Sumatera memiliki berbagai cara untuk berkomunikasi. Di antaranya dengan mengaum, mengeram hingga mendesis. Untuk aumannya sendiri bahkan dikatakan mencapai jarak 3 kilometer.

Pada statusnya, harimau Sumatera juga dikenal sebagai predator penyergap. Ia mengintai mangsa secara diam-diam sebelum akhirnya menerkamnya dengan kecepatan tinggi hampir 40 mil per jam.


5. Terancam Punah

Harimau Sumetera termasuk sebagai salah satu satwa yang terancam punah. Penyebab utama dari ancaman tersebut adalah hilangnya habitat akibat perambahan liar dari orang-orang tak bertanggung jawab.

Selain itu, harimau Sumatera juga tak luput dari ancaman perburuan. Saat ini, sebagian sisa-sisa hewan tersebut tinggal di kawasan lindung seperti taman nasional.

Demikianlah ulasan mengenai sejumlah fakta dari Harimau Sumatera yang menarik diketahui. Semoga bermanfaat dan dapat menambahwawasanAnda.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2324 seconds (0.1#10.140)