Spesifikasi Kapal Selam Nuklir Rusia, yang Bisa Jadi Ancaman Serius bagi NATO

Jum'at, 21 Juni 2024 - 15:12 WIB
loading...
Spesifikasi Kapal Selam...
Spesifikasi kapal selam nuklir Rusia kelas Yasen menarik untuk diketahui. Foto: Wikipedia
A A A
JAKARTA - Kapal selam nuklir Rusia yang baru-baru ini diberitakan oleh media barat mencuri banyak perhatian. Belum lama ini Rusia memang tengah melakukan latihan militer yang mengikutsertakan kapal selam nuklir kelas Yasen-M dan fregat Laksamana Gorshkov di Karibia.

Menurut sumber-sumber militer Barat, kapal-kapal di bawah bendera St Andrew milik Angkatan Laut Rusia kemungkinan sedang dalam perjalanan ke Venezuela, negara lain yang condong ke Moskow di Amerika.

Dilansir dari Euro News, Angkatan Laut AS terus memantau dengan cermat kapal selam kelas Yasen-M Rusia yang baru saja meninggalkan Kuba. Sejak memulai perjalanannya di Samudera Atlantik, angkatan laut Barat telah memantau secara ketat kelompok angkatan laut Rusia.

Kehadiran unit-unit Rusia di perairan internasional lepas pantai Florida telah meningkatkan kewaspadaan bagi AS dan sekutunya, seperti Kanada.

Kapal selam nuklir yang dibawa Rusia ini menjadi perhatian khusus Barat karena dikabarkan memiliki kemampuan luar biasa dan mampu menghasilkan kehancuran yang amat besar.

Menurut National Interest, kapal selam kelas Yasen termasuk di antara lima kapal selam serang terbaik di dunia, bersama dengan kelas Sierra II Rusia (alias Kondor), kelas Astute milik Inggris, dan kelas Virginia serta Seawolf-Amerika milik Amerika. sub kelas.

Spesifikasi Kapal Selam Nuklir Rusia
Spesifikasi Kapal Selam Nuklir Rusia, yang Bisa Jadi Ancaman Serius bagi NATO

Kapal selam Yasen-M adalah upgrade terbaru dari Yasen asli, yang pertama kali diperkenalkan pada tahun 2009.

Kapal yang dibekali penggerak turbin 200 MWt 43.000 shp ini mampu menyelam hingga kedalaman 600 meter dan memiliki kecepatan maksimum 16 knot di permukaan dan 31 knot di bawah air.

Dengan panjang 130 meter, kapal selam ini mampu memuat sekitar 64 awak. Daya tahannya di dalam air sendiri bisa mencapai 10 hari.

Kelas Yasen atau yang juga disebut kelas Graney , adalah serangkaian kapal pesiar bertenaga nuklir kapal selam rudal yang dirancang oleh Biro Teknik Kelautan Malakhit dan dibangun oleh Sevmash untuk Angkatan Laut Rusia.

Kapal selam nuklir kelas Yasen diperkirakan dipersenjatai dengan rudal jelajah serangan darat , rudal anti-kapal , rudal anti-kapal selam termasuk P-800 Oniks SLCM , keluarga Kalibr SLCM atau 3M51 SLCM.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2171 seconds (0.1#10.140)