5 Jet Tempur Andalan China, Siap Digunakan untuk Beragam Misi

Selasa, 28 Mei 2024 - 14:06 WIB
loading...
5 Jet Tempur Andalan China, Siap Digunakan untuk Beragam Misi
5 Jet Tempur Andalan China. FOTO/ DAILY
A A A
JAKARTA -

SEO SAINS

5 Jet Tempur Andalan China, Siap Digunakan untuk Beragam Misi

JAKARTA - Terdapat sejumlah jet tempur andalan China yang menarik diketahui. Keberadaannya menjadi aspek penting untuk menunjang kekuatan militer Negeri Tirai Bambu.

Kekuatan militer sebuah negara umumnya terdiri atas berbagai komponen berbeda. Bukan hanya tentara, namun juga persenjataan mumpuni dari masing-masing matranya.

Salah satu persenjataan yang cukup penting perannya adalah jet tempur. Tak hanya menjaga wilayah udara, keberadaanya juga bisa dioperasikan untuk misi-misi tertentu, termasuk penyerangan.

Sebagai contoh, bisa diambil China. Negara ini memiliki banyak jet tempur canggih yang sampai sekarang masih beroperasi. Berikut di antaranya yang jadi andalan.

Jet Tempur Andalan China

1. Chengdu J-20

Chengdu J-20 merupakan salah satu jet tempur siluman canggih dari China. Berjuluk ‘Mighty Dragon’, jet ini pertama kali diperkenalkan pada Maret 2017.

Mengutip Business Insider, Chengdu J-20 diproduksi Chengdu Aircraft Industry Group. Per 2023 lalu, China diperkirakan setidaknya memiliki lebih dari 200 unit J-20.

Pada kemampuannya, Chengdu J-20 punya kecepatan maksimum 2.468 km per jam. Sementara untuk jangkauan tempuhnya mencapai 5.926 kilometer.

Lebih jauh, Chengdu J-20 dirancang dengan komponen canggih, termasuk mesin Shenyang WS-10B. Kemampuan silumannya juga terbilang menakjubkan, bahkan dianggap sebagai saingan F-35 dan jet tempur canggih lain milik Amerika Serikat.

2. Chengdu J-10


Pada operasinya, Chengdu J-10 biasa dipakai oleh PLAAF dan Angkatan Laut China. Pengembangannya sendiri ikut melibatkan perusahaan penerbangan asal Rusia.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2587 seconds (0.1#10.140)
pixels