Teknik Pertanian Embung, Siasat Jitu Hadapi Musim Kemarau Panjang

Sabtu, 03 Agustus 2024 - 22:38 WIB
loading...
Teknik Pertanian Embung,...
Teknik pertanian embung menjadi solusi bagi ketersediaan air selama musim kemarau. Foto/Dok RCTI
A A A
JEMBER - Fenomena El Nino yang ditandai dengan musim kemarau lebih panjang dampaknya sangat dirasakan oleh para petani. Terobosan teknologi produksi pertanian berupa embung dapat menjadi solusi untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dan dipasarkan secara luas.

Teknik embung menjadi pilihan praktik pertanian SMKN 5 Jember, Jawa Timur di atas lahan seluas dua hektare di lingkungan sekolah. Varietasnya berupa sayuran, buah serta tanaman produksi lainnya.

Dari sisi tenaga kerja, pihak sekolah mengandalkan para siswa. Alhasil, kebun yang dimiliki tak hanya membuahkan pemasukan rutin tapi juga sekaligus media pembelajaran bagi para siswa.

Teknik Pertanian Embung, Siasat Jitu Hadapi Musim Kemarau Panjang


Teknik embung dipilih karena lebih efisien untuk pengaturan air bagi perawatan tanaman semusim seperti sayuran dan buah-buahan. Walhasil, puluhan tanaman semusim tumbuh lebat dan menghasilkan produksi melimpah di puncak musim kemarau.

Saat musim penghujan, embung-embung diisi air dari sumur dan tadah hujan. Embung-embung ini tak hanya bermanfaat untuk mengairi tanaman saat musim kemarau tapi juga dimanfaatkan untuk budidaya ikan nila.



Berbekal embung seluas puluhan meter ini kebutuhan air aneka tanaman di lahan pertanian saat musim kemarau tiba tetap terpenuhi. Dari embung utama, air disalurkan menggunakan pompa ke sejumlah tangki di beberapa titik. Dari tangki-tangki inilah air kemudian didistribusikan ke petak-petak tanaman sesuai kebutuhan.

Lahan seluas dua hektare milik SMKN 5 Jember memang sengaja didesain berpetak-petak untuk mengakomodir beragam jenis tanaman. Tak hanya dua atau tiga jenis tanaman, tapi mencapai puluhan.

Teknik Pertanian Embung, Siasat Jitu Hadapi Musim Kemarau Panjang
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3050 seconds (0.1#10.140)