Canggih, Tokek Gecko Punya Indera Keenam Misterius

Jum'at, 11 Oktober 2024 - 20:05 WIB
loading...
A A A
Unit VeO hanya mendengar suara gemuruh dalam yang diproduksi oleh perangkat getaran melalui saluran pendengaran biasa. Tim memberikan stimulasi suara ke telinga hewan, pada frekuensi yang sama tetapi volume yang lebih keras - dan ternyata, mereka tidak mendeteksi respons apapun dari unit VeO.



Hal ini membuat tokek gecko menjadi amniota pertama (klade yang terdiri dari semua reptil, burung, dan mamalia) yang diketahui menggunakan sakulus untuk tujuan ini. Namun, mereka belum menemukan alasan perilaku yang jelas bagi kadal-kadal ini untuk memiliki reseptor getaran khusus di kepala mereka.

Tokek gecko menjadi makhluk yang sangat berisik, dan panggilan keras mereka berada dalam jangkauan frekuensi pendengaran biasa. Tetapi Han dan Carr berhipotesis mereka mungkin menggunakannya untuk mendeteksi gemuruh rendah dari angin yang datang, hujan, dan predator.

Survei singkat mengungkapkan struktur yang terlihat seperti VeO pada beberapa spesies kadal dan ular lainnya, menunjukkan bahwa kekuatan super ini mungkin relatif tersebar luas pada reptil.

"Banyak ular dan kadal dianggap 'bisu' atau 'tuli' dalam arti mereka tidak mengeluarkan suara atau mendengar suara dengan baik," kata Han seperti disebutkan dalam penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Cell Reports seperti dilansir, Jumat (11/10/2024).

Tetapi ternyata mereka dapat berkomunikasi melalui sinyal getaran menggunakan jalur sensorik ini, yang benar-benar mengubah cara para ilmuwan berpikir tentang persepsi hewan secara keseluruhan.
(msf)
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1441 seconds (0.1#10.140)