Syukurlah, Vaksin Virus Corona Rusia Hasilkan Respons Imun di Uji Coba Awal

Senin, 07 September 2020 - 04:45 WIB
Para peneliti mencatat dalam makalahnya bahwa tingkat antibodi penetral lebih rendah daripada yang dilaporkan untuk vaksin Universitas Oxford dan vaksin lain, seperti Moderna's based on messenger RNA (mRNA) technology. Tetapi tingkat antibodi penetral sebanding dengan jumlah antibodi penetral yang dikembangkan tubuh secara alami pada pasien yang sembuh dari COVID-19.

Mirip dengan penelitian sebelumnya, hasil ini "menggembirakan tapi kecil". Ini dikatakan oleh Naor Bar-Zeev, seorang profesor di Sekolah Kesehatan Masyarakat Johns Hopkins Bloomberg dan Dr Tom Inglesby, Direktur Pusat Keamanan Kesehatan di Sekolah Bloomberg dari Public Health, mengomentari data terbaru yang juga diterbitkan 4 September di The Lancet.

"Imunogenisitas menjadi pertanda baik, meskipun tidak ada yang dapat disimpulkan mengenai imunogenisitas pada kelompok usia yang lebih tua, dan kemanjuran klinis untuk vaksin COVID-19 apa pun belum ditunjukkan," kata mereka.

Dengan kata lain, tidak ada cara untuk mengetahui apakah tanggapan kekebalan yang sama akan terjadi pada orang dewasa yang lebih tua. Dan mereka belum tahu apakah vaksin benar-benar mencegah infeksi.

Menunjukkan vaksin COVID-19 aman akan menjadi "penting" agar masyarakat mempercayai vaksin tersebut dan bersedia mendapatkannya, tulis mereka. "Hasil keamanan hingga saat ini meyakinkan, tetapi penelitian sampai saat ini terlalu kecil untuk mengatasi efek samping serius yang jarang terjadi atau jarang," tulis para peneliti.

Pada 26 Agustus, para peneliti di Gamaleya Research Institute of Epidemiology and Microbiology menerima persetujuan untuk melakukan uji coba fase 3, yang menguji obat tersebut pada sekelompok besar orang dan merupakan satu-satunya cara untuk menunjukkan bahwa vaksin itu aman dan efektif. Uji coba ini diharapkan dapat melibatkan 40.000 orang dan termasuk plasebo. (Baca juga: Adik Ipar Ganjar Pranowo Jadi Penantang Patahana Dari PDIP )