Cara Tingkatkan Kesehatan Mental ala ILUNI UI Psikologi

Senin, 12 Oktober 2020 - 15:19 WIB
loading...
Cara Tingkatkan Kesehatan Mental ala ILUNI UI Psikologi
Festival Psikologi: Webinar World Mental Health Day 2020: Mental Health for All .FOTO/DOK SINDOnews
A A A
JAKARTA - Pelaksanaan acara peringatan Hari Kesehatan Mental yang jatuh pada Sabtu, 10 Oktober 2020 telah berlangsung dengan meriah. Kegiatan yang terlaksana dari hasil kolaborasi antara Ikatan Alumni Universitas Indonesia (ILUNI UI) Psikologi bersama Fakultas dan BEM Psikologi telah dihadiri sekitar 400 peserta via daring zoom meeting dan facebook live.

BACA JUGA- Ikut Perang di Pasar Pickup 2021, Suzuki Siap Terjunkan Gypsy

Acara yang mengangkat tema Festival Psikologi: Webinar “World Mental Health Day 2020: Mental Health for All” diselenggarakan dengan tujuan memberikan edukasi cara menjaga kesehatan mental dari segi pendidikan, pola pengasuhan, maupun pekerjaan.
Kegiatan ini bersifat GRATIS (tidak dipungut biaya) dan terbuka untuk umum (baik pelajar, orang tua, karyawan, praktisi HR, pendidik, peneliti maupun individu yang tertarik dalam pengembangan diri).

BACA JUGA - Simpanan Pejabat dan TNI, Land Cruiser Pernah Dibikin di Priok

“Beberapa tahun terakhir, kesadaran masyarakat mengenai kesehatan mental menunjukkan tren positif. ILUNI UI Psikologi sebagai bagian dari ekosistem alumni perlu mendorong berbagai model kolaborasi dalam upaya mencerdaskan masyarakat.”, ujar Ivan Ahda, Ketua ILUNI UI Psikologi dalam keterngan persnya di Jakarta Senin 12/10/2020.

Pembukaan acara dilakukan oleh Dekan Fakultas Psikologi UI, Dr. Tjut Rifameutia, M.A, yang membahas urgensi menjaga kesehatan mental bagi masyarakat Indonesia.

Turut hadir para narasumber yaitu Ermanda Saskia Siregar, M.A (Dosen Psikologi UI), Monica Kumalasari, M. Psi.T (Founder MKS Learning Indonesia dan Dewan Ahli ILUNI UI Psikologi), Saskhya Aulia Prima, M.Psi, Psikolog dan Putu Andani, M.Psi, Psikolog (Psikolog Anak & Keluarga sekaligus Co-founder Tiga Generasi), Sicilya Arief, M.Psi (PWC Human Capital Impact and Transformation Leader), dan Isdar Marwan, Psi (Mercer Director Career Services).

Semua narasumber merupakan praktisi psikologi lulusan Universitas Indonesia dengan keahlian di berbagai terapan keilmuan psikologi

Dari penyampaian materi narasumber, disimpulkan kesehatan mental erat kaitannya dengan cara mengelola stres. Seseorang yang dapat merespon stres secara tepat akan mampu memelihara kesehatan mentalnya.

Terkait di lingkungan keluarga, orang tua dapat mengawali self-compassion atau berbelas kasih dengan diri sendiri agar dapat menciptakan keluarga yang sehat jiwa dan bahagia di rumah. Sementara, di lingkungan kerja diperlukan sistem dan relasi sosial yang peduli dengan well-being atau kesejahteraan karyawan agar turut berperan menjaga kesehatan mental para pekerja Indonesia.

Dengan pelaksanaan peringatan Hari Kesehatan Mental 10 Oktober 2020, ILUNI UI Psikologi berharap khalayak masyarakat senantiasa mampu menjaga kesehatan mentalnya dimulai dari lingkungan keluarga, sekolah, hingga tempat kerja.
Ikatan Alumni Universitas Indonesia Psikologi (ILUNI UI Psikologi) merupakan organisasi alumni yang mewakili lulusan Fakultas Psikologi UI dan merupakan bagian dari keluarga besar ILUNI UI.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3566 seconds (0.1#10.140)