Lebih Murah, Vaksin Oxford Diumumkan Efektif Cegah COVID-19 hingga 90%

Selasa, 24 November 2020 - 04:08 WIB
loading...
A A A
Vaksin Oxford bekerja secara berbeda dari vaksin Pfizer dan Moderna. Dua vaksin terakhir didasarkan pada teknologi baru yang menggunakan pembawa pesan genetik untuk mendorong sistem kekebalan membangun protein lonjakan virus Corona, yang pada gilirannya, mendorong sistem kekebalan untuk membuat gudang sel untuk menyerang virus jika seseorang secara alami, terekspos.

Vaksin Universitas Oxford mengambil pendekatan yang lebih tradisional. Vaksin ini terdiri dari versi virus flu biasa yang dilemahkan, yang disebut adenovirus, yang menginfeksi simpanse. Virus ini diubah secara genetik sehingga tidak dapat bereplikasi pada manusia, dan memiliki gen yang ditambahkan dalam kode tersebut untuk protein lonjakan virus Corona. Ini, pada gilirannya, mengajarkan sistem kekebalan untuk mengenali protein lonjakan dan menyerang virus jika seseorang terpapar secara alami.

Sementara vaksin Universitas Oxford menunjukkan kemanjuran yang lebih rendah daripada Pfizer dan Moderna, ada keuntungan dari vaksin sebelumnya. Misalnya, vaksin jauh lebih murah per dosis daripada dua lainnya dan dapat disimpan di lemari es biasa dengan suhu 35,6 hingga 46,4 derajat Fahrenheit (2 hingga 8 derajat Celcius).

Sebaliknya, vaksin Pfizer harus disimpan dalam kondisi sangat dingin yang kemungkinan akan menjadi penghalang bagi penyimpanan dan distribusi.

“Karena vaksin dapat disimpan pada suhu lemari es, maka vaksin dapat didistribusikan ke seluruh dunia dengan menggunakan sistem distribusi imunisasi normal,” kata Pollard. "Jadi tujuan kami… untuk memastikan bahwa kami memiliki vaksin yang dapat diakses di mana-mana, saya pikir kami benar-benar berhasil melakukannya." (Baca juga: Pakar: Kekuatan Dunia Makin Angkuh, PBB Kian Mengerdil )
(iqb)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2261 seconds (0.1#10.140)