Benarkah China Kalahkan AS Cs dalam Perlombaan Luar Angkasa?

Minggu, 29 November 2020 - 13:25 WIB
John Bridges menyebutkan, bahan bakar roket untuk pertumbuhan yang cepat ini adalah hasil penelitian di China. Untuk mencapai tujuan riset, nNegara ini membelanjakan 2,5% dari PDB-nya untuk penelitian dan pengembangan. Ini menutup kesenjangan di Amerika Serikat, yang membelanjakan 2,8% dari PDB pada 2018. Inggris saat ini membelanjakan sekitar 1,7% dari PDB-nya untuk penelitian dan pengembangan.

Kemampuan China tidak diragukan lagi akan terus berkembang. Seorang ilmuwan di Barat menyebut apa yang dilakukan negara komunis tersebut akan membentuk penelitian di generasi mendatang.

Akankah universitas China mulai memimpin penelitian luar angkasa dan memengaruhi peringkat yang saat ini didominasi oleh universitas Barat? Apakah perkembangan pesat ini adalah hal yang baik, mengingat negara China tidak demokratis?

Ada alasan untuk optimisme, seperti potensi kolaborasi -setidaknya antara Eropa dan China. Fakta bahwa banyak model geokimia dari formasi bulan dan planet berakar pada 380 kg sampel yang dibawa kembali oleh misi Apollo menunjukkan bahwa ada kegembiraan di seluruh dunia di antara para ilmuwan tentang pengambilan sampel di area baru Bulan. Ilmuwan planet di Barat sebenarnya sangat tertarik dengan Chang'e 5 dan program Bulan China.

John Bridges mengatakan, salah satu kenangan awal diingatnya tentang ilmu antariksa adalah melihat hubungan stasiun luar angkasa AS-Soviet Skylab yang sukses pada 1973-74. Itu adalah penyeimbang politik era perang dingin saat itu, dan itu terjadi meskipun tidak ada demokrasi di Uni Soviet.

Sebagai seorang ilmuwan universitas, penulis percaya kehadiran banyak mahasiswa China di kampusnya selama dekade terakhir dapat membantu mendorong kolaborasi dan perubahan di masa depan. "COVID-19 menghalangi hal itu sekarang, jadi saya berharap Chang'e 5 berhasil dan menjadi jalan menuju kolaborasi masa depan yang dapat membantu meredakan ketegangan," harapnya. (Baca juga: Masa Depan Rekrutmen, Pekerja Fleksibel Tangguh & Tidak Malas Bakal Diburu )