Iihhh... 13 Kaki Hewan Ini Terlihat Sangat Aneh

Sabtu, 19 Desember 2020 - 20:41 WIB
loading...
A A A
9. Elang
Dengan jambul bulu gelap membingkai para abu-abu pucat dan tatapan mata keemasan yang tajam, Elang Harpy (Harpia harpyja) adalah pemandangan yang mengesankan. Mereka adalah burung pemangsa terberat dan paling kuat, menurut Kebun Binatang San Diego.
Iihhh... 13 Kaki Hewan Ini Terlihat Sangat Aneh

Foto/Shutterstock

Bagian dari keberhasilan berburu mereka adalah karena cakar melengkungnya yang besar, yang dapat berukuran hingga 5 inci (13 sentimeter) -bahkan lebih panjang dari cakar beruang Grizzly. Kaki mereka yang kuat dapat menghasilkan kekuatan ratusan pon untuk menghancurkan dan membunuh mangsanya, termasuk monyet dan kungkang yang beratnya dapat mencapai 17 pon (7,7 kilogram).

10. Armadillo Bercakar
Armadillo raksasa (Priodontes maximus), yang terbesar dari semua armadillo, adalah "tank lapis baja" berjalan dengan pelat tulang berengsel dari kulit keras menutupi tubuhnya, dan 80 hingga 100 gigi di mulutnya. Ini lebih banyak dari mamalia lain, menurut Encyclopedia Kehidupan.
Iihhh... 13 Kaki Hewan Ini Terlihat Sangat Aneh

Foto/Kevin Schafer/Minden Pictures/Newscom

Kaki depannya memiliki tiga cakar. Rinciannya, cakar tengah berbentuk sabit jauh lebih besar daripada dua lainnya, berukuran panjang kira-kira 8 inci (20 sentimeter), seperti dilaporkan National Geographic melaporkan. Armadillo menggunakan cakar besar ini guna menggali sarang rayap untuk serangga mangsanya, dan menggali liang tempat mereka bersembunyi dan beristirahat.

11. Lalat Lengket
Lalat dapat dengan mudah berkeliaran di permukaan saat dalam posisi terbalik, dan rahasianya terletak pada koktail perekat khusus yang melapisi setae mereka -rambut kecil di kaki mereka. Kaki lalat dilengkapi dua bantalan perekat yang cukup besar yang disebut pulvilli, yang menciptakan permukaan luas untuk menggenggam ke mana pun lalat berjalan.
Iihhh... 13 Kaki Hewan Ini Terlihat Sangat Aneh

Foto/Cultura CreaUve/Alamy

Setae yang menutupi bantalan ini dilapisi dengan minyak dan gula yang membentuk zat mirip lem yang kuat. Faktanya, lemnya sangat kuat sehingga lalat harus menggunakan cakar khusus pada kakinya untuk melepaskan diri kapan pun ia melangkah.

12. Kadal Bipedal
Kadal berkerah Amerika Utara memiliki kaki belakang yang berotot dan kuat, dengan kaki yang tampak aneh dengan jari-jari kaki yang berbeda panjang dan bercabang ke arah yang berbeda. Mereka menggunakan pelengkap yang tidak biasa untuk berlari bipedal cepat, mengangkat ke kaki belakang mereka dan melesat dengan langkah yang dapat mengukur hingga tiga kali panjang tubuh kadal, menurut Arizona Sonora Desert Museum.
Iihhh... 13 Kaki Hewan Ini Terlihat Sangat Aneh

Foto/Shutterstock

Kadal berkerah adalah pelari yang cepat, mampu melaju hingga 16 mil per jam (26 km/jam). Secepat manusia yang berlari, sebut American Museum of Natural History melaporkan.

13. Siput Logam Berat
Banyak jenis moluska menumbuhkan cangkang keras untuk melindungi tubuh mereka yang lembut dan licin. Tapi yang paling logam dari semuanya adalah siput kaki bersisik, yang hidup di dekat ventilasi hidrotermal di Samudera Hindia dan menggunakan bakteri khusus untuk membuat cangkang serta sisik kaki dari besi sulfida.
Iihhh... 13 Kaki Hewan Ini Terlihat Sangat Aneh

Foto/Chong Chen, et al./CC 4.0

Laman Wired melaporkan, pelat di kaki siput, yang menyerupai lapisan chainmail, dapat membantu menangkis duri berbisa dari siput predator yang menembakkan proyektil mereka ke daging mangsanya yang terbuka.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0731 seconds (0.1#10.140)