'Saya Prof Astronomi dan Alien Mungkin Ada di Luar Sana'

Rabu, 30 Desember 2020 - 19:36 WIB
loading...
A A A
Beberapa orang, seperti mantan karyawan NASA James Oberg, memiliki kesabaran untuk melacak dan menemukan penjelasan konvensional penampakkan UFO selama beberapa dekade. Kebanyakan astronom menganggap hipotesis kunjungan alien tidak masuk akal, sehingga mereka memusatkan energi mereka pada pencarian ilmiah yang menarik untuk kehidupan di luar Bumi.

Apakah Kita Sendirian?
Prof Chris Impey mengatakan, sementara UFO terus berputar dalam budaya populer, para ilmuwan mencoba menjawab pertanyaan besar yang diajukan oleh UFO: Apakah kita sendiri?

Para astronom telah menemukan lebih dari 4.000 exoplanet, atau planet yang mengorbit bintang lain, jumlah yang berlipat ganda setiap dua tahun. Beberapa exoplanet ini dianggap layak huni, karena letaknya dekat dengan massa Bumi dan pada jarak yang tepat dari bintangnya sehingga ada air di permukaannya. Planet terdekat yang dapat dihuni ini berjarak kurang dari 20 tahun cahaya, alias di "halaman belakang" kosmik kita.

Ekstrapolasi dari hasil ini mengarah pada proyeksi 300 juta dunia yang dapat dihuni di galaksi kita. Masing-masing planet mirip Bumi ini merupakan eksperimen biologis yang potensial, dan miliaran tahun telah berlalu sejak mereka terbentuk agar kehidupan berkembang dan kecerdasan serta teknologi muncul.

Para astronom sangat yakin ada kehidupan di luar Bumi. Seperti yang dikatakan astronom dan ahli pemburu planet ekstrasurya, Geoff Marcy. "Alam semesta tampaknya 'membengkak' dengan bahan-bahan biologi," ujarnya.

Para astronom menggunakan Persamaan Drake untuk memperkirakan jumlah teknologi peradaban asing di galaksi kita. Ada banyak ketidakpastian dalam Persamaan Drake, tetapi menafsirkannya berdasarkan penemuan planet ekstrasurya baru-baru ini membuat sangat tidak mungkin bahwa kita adalah satu-satunya, atau peradaban pertama yang maju.

Keyakinan ini telah memicu pencarian aktif akan kehidupan berakal, yang sejauh ini tidak berhasil. Jadi para peneliti telah menyusun ulang pertanyaan "Apakah kita sendiri?" hingga "Di mana mereka?"

Tidak adanya bukti adanya alien cerdas disebut Paradoks Fermi. Bahkan jika alien cerdas memang ada, ada sejumlah alasan mengapa kita mungkin tidak menemukan mereka dan mereka mungkin tidak menemukan kita.

Ilmuwan tidak mengabaikan gagasan tentang alien. Tetapi mereka tidak yakin dengan bukti sampai saat ini, karena tidak dapat diandalkan, atau karena ada begitu banyak penjelasan lain yang lebih biasa.

Mitos dan Agama Modern
UFO adalah bagian dari teori konspirasi, termasuk penculikan oleh alien dan crop circle yang dibuat oleh alien. "Saya tetap skeptis bahwa makhluk cerdas dengan teknologi yang jauh lebih unggul akan melakukan perjalanan triliun mil hanya untuk menekan gandum kita," kata Prof Impey.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1843 seconds (0.1#10.140)