Ilmuwan Temukan 6 Dunia Alien yang Mengorbit dalam Sebuah Bintang Beraturan

Rabu, 27 Januari 2021 - 00:56 WIB
Ilmuwan Temukan 6 Dunia Alien yang Mengorbit dalam Sebuah Bintang Beraturan
Para astronom yang meneliti data dari Transiting Exoplanet Survey Satellite (TESS) NASA menemukan tiga planet di sekitar bintang yang dijuluki TOI-178. Foto/Space.com
JAKARTA - Pencarian alien sekaligus dunia lain terus dilakukan para ilmuwan . Salah satu temuan terbarunya adalah keberadaan planet-planet di sekitar bintang yang disebut TOI-178. Planet-planet ini secara berirama tahu cara menjaga detak -bahkan begitu smooth-nya, sehingga para ilmuwan dapat menemukan dunia alien baru dengan menguraikan "sistem musiknya".

Para astronom yang meneliti data dari Transiting Exoplanet Survey Satellite (TESS) NASA menemukan tiga planet di sekitar bintang yang dijuluki TOI-178 (TOI singkatan dari TESS Object of Interest). Dan ketika para ilmuwan melihat pengamatan ini lebih dekat, mereka menyadari bahwa dunia mereka tampaknya menjaga satu sama lain.

Jadi mereka merekrut beberapa instrumen lagi dan menemukan sistem itu menampung setidaknya enam planet, lima di antaranya menandai orbit seirama dengan yang lain. Dan tidak seperti sistem tersinkronisasi lainnya, planet adalah kantong campuran yang tidak biasa.

"Ini adalah pertama kalinya kami mengamati sesuatu seperti ini," Kate Isaak, ilmuwan untuk Characterizing Exoplanet Satellite (CHEOPS) Badan Antariksa Eropa dalam sebuah pernyataan yang dirilis oleh University of Bern di Swiss.

"Dalam beberapa sistem yang kita kenal dengan harmoni seperti itu, kepadatan planet terus menurun saat kita menjauh dari bintang. Dalam sistem TOI-178, planet terestrial yang padat seperti Bumi tampaknya berada tepat di sebelah planet yang sangat halus. dengan setengah kepadatan Neptunus, diikuti oleh yang sangat mirip dengan Neptunus," papar Isaak, dikutip Space.com.

Terinspirasi oleh data TESS misterius yang menunjukkan tiga planet dalam ritme aneh, para ilmuwan di balik penelitian baru ini merekrut instrumen tambahan yang berpuncak pada pengamatan waktu selama belasan hari dengan teleskop CHEOPS. Dari pengamatan tersebut, sistem TOI-178 tampak memasukkan lima planet yang mengorbit bintang tersebut setiap 2, 3, 6, 10, dan 20 hari.

Tetapi bagi para ilmuwan, lanjut dia, tampaknya ada celah dalam urutan itu. Mereka mengira seharusnya ada planet lain di sistem, yang ini mengorbit setiap 15 hari.

Sama seperti CHEOPS yang akan melakukan pengamatan penting terhadap TOI-178, satelit harus bergegas menjauh dari potensi tabrakan dengan sampah luar angkasa. "Kami sangat melegakan, manuver ini dilakukan dengan sangat efisien dan satelit dapat melanjutkan pengamatan tepat pada waktunya untuk menangkap planet misterius yang lewat," kata Nathan Hara, astrofisikawan di Universitas Jenewa.

"Beberapa hari kemudian, data dengan jelas menunjukkan keberadaan planet tambahan dan dengan demikian menegaskan bahwa memang ada enam planet di sistem TOI-178," kata Hara.

Ternyata, bagian paling dalam dari mereka, berbaris dengan irama yang berbeda, namun lima bagian luar mengorbit selaras satu sama lain. Untuk setiap orbit lengkap dunia terluar, planet berikutnya menyelesaikan tiga perempat orbit, dunia tengah dalam urutan membuat dua putaran, lalu planet yang membuat tiga orbit, dan kemudian planet yang membuat enam orbit. Sepanjang jalan, planet-planet sesekali berbaris, yang menyebabkan ritme aneh dalam data TESS.

Para peneliti tidak hanya dapat menemukan planet tambahan dan memilah rantai orbit yang rumit, tapi para ilmuwan juga dapat mempelajari planet-planet itu sendiri, menemukan bahwa dunia ini berkisar antara 1,1 hingga 3 kali ukuran Bumi. Tetapi dengan berbagai kepadatan, menjadikannya campuran aneh dari Bumi super berbatu dan Neptunus mini yang mengandung gas.

Para ilmuwan menduga bahwa mungkin ada lebih banyak planet yang mengikuti rantai penyelarasan orbital yang sama, meskipun untuk melihat dunia ini akan membutuhkan periode pengamatan yang lebih lama. Untungnya, karena bintangnya sendiri sangat terang, sistem ini relatif mudah dipelajari. Secara khusus, para peneliti menantikan data yang mungkin dapat dikumpulkan oleh Teleskop Luar Angkasa James Webb NASA dan Teleskop Eropa tentang sistem setelah masing-masing mulai bekerja. Baca juga: Kader Gerindra Bikin Heboh Minta Anies Baswedan Mundur, Lukmanul Hakim: Jangan Caper Deh!