Kamis, 28 Januari 2021 - 12:30 WIB
Kerangka Balita dan Anak Anjing Ditemukan di Pemakaman Kuno Berusia 2.000 Tahun
Arkeolog sedang memeriksa lubang pemakaman yang menampung sisa-sisa balita, anjing, dan barang-barang kuburan berukuran sekitar 1x2 meter di pemakaman kuno berusia 2.000 tahun di Prancis. Foto/Denis Gliksman/INRAP
PARIS - Arkeolog Perancis menemukan kerangka balita dan anak anjing yang terkubur dalam satu liang di pemakaman kuno berusia 2.000 tahun. Saat ini arkeolog berupaya mengungkap identitas anak tersebut yang diduga anak bangsawan Romawi.

Kerangka Balita dan Anak Anjing Ditemukan di Pemakaman Kuno Berusia 2.000 Tahun

Menurut Institut Nasional untuk Penelitian Arkeologi Pencegahan (INRAP) Prancis, penemuan ini sungguh luar biasa karena baru kali ini ditemukan. Balita era Romawi di Eropa dimakamkan bersama seekor anjing peliharaan dengan lonceng kecil di lehernya. (Baca: Iklim Global Berpengaruh Terhadap Laipsan Es Bumi)

"Banyaknya barang keramik dan pengorbanan, serta barang-barang pribadi yang mengikuti anak itu ke kuburnya. Ini menggarisbawahi posisi istimewa yang dimiliki keluarganya," kata arkeologi dalam pernyataan INRAP (diterjemahkan dari bahasa Prancis). Hubungan anjing dengan seorang anak kecil didokumentasikan dengan baik dalam konteks pemakaman, tetapi di sini kerah dan loncengnya tidak biasa.

Balita itu diperkirakan baru berusia 1 tahun ketika dia meninggal. Tidak diketahui apakah balita itu laki-laki atau perempuan karena sulit untuk menentukan jenis kelamin pada anak-anak.

Ketika para arkeolog menemukan pemakaman pada November 2020, mereka mencatat bahwa pemakaman itu terletak di pinggiran pemukiman di Gaul. Tanggal penguburan dilakukan pada era Augusto-Tiberian, atau pada masa pemerintahan kaisar Romawi pertama dan kedua: Augustus (memerintah 27 SM hingga 14 M) dan Tiberius (memerintah 14 M hingga 37 M), yang berarti balita tersebut hidup selama atau hanya setelah Yesus disalib. (Baca juga: Temuan Prasasti Ini Ungkap Keberadaan Kerajaan Misterius di Turki)

Peti mati kayu yang digunakan untuk anak itu panjangnya hanya 2,6 kaki (80 sentimeter). Meskipun kayunya telah lama membusuk, para arkeolog menemukan tanda besi dan paku yang menyatukan peti mati.

Kerangka Balita dan Anak Anjing Ditemukan di Pemakaman Kuno Berusia 2.000 Tahun

"Peti mati telah ditempatkan di lubang yang lebih besar yang menampung sisa-sisa anak anjing peliharaan dan beberapa wadah terakota," kata para arkeolog .

Tim juga menemukan vas mini dan dua pot kaca yang mungkin berisi minyak atau produk obat. Untuk obat ini, para peneliti tidak akan tahu pasti sampai mereka melakukan analisis kimia pada artefak itu. (Baca juga: Begini Cara Ilmuwan Memperkirakan Usia Benda-benda Purbakala)

Barang kuburan lainnya termasuk pin tembaga hias dan cincin besi berdiameter 30 cm, mungkin ini merupakan mainan berbentuk lingkaran dan tongkat. Ujung tongkat terletak di antara kaki anak anjing, yang ditempatkan di kaki almarhum, di luar peti mati.

Kerangka Balita dan Anak Anjing Ditemukan di Pemakaman Kuno Berusia 2.000 Tahun

Seperti barang kuburan lainnya, leher anak anjing itu terdapat kalung dihiasi dengan 15 dekorasi perunggu, serta lonceng. Para arkeolog berencana untuk melanjutkan penggalian di situs tersebut hingga Februari 2021.