Samudera Atlantik Melebar, Jarak Benua Amerika, Eropa, dan Afrika Semakin Menjauh

Jum'at, 29 Januari 2021 - 10:29 WIB
Foto: dok/Universitas Southampton
LONDON - Beberapa waktu lalu para ilmuwan melakukan penelitian dengan berlayar ke samudera Atlantik . Jauh di dasar laut samudera Atlantik, terjadi pergeseran lempengan yang membuat benua Amerika terdorong ke satu sisi dan Eropa serta Afrika terdorong ke sisi lainnya.

Sebuah studi baru menunjukkan bahwa jauh di bawah kerak bumi, di lapisan yang disebut mantel, bebatuan panas naik dan mendorong lempeng tektonik berbatu yang membentuk kerak bumi yang bertemu di bawah Atlantik. (Baca: Sabuk Hujan Tropis Berpotensi Berubah, Dampaknya Akan Mengerikan)

Sebelumnya, para ilmuwan mengira bahwa sebagian besar benua ditarik terpisah saat lempeng di bawah laut bergerak ke arah yang berlawanan dan menabrak lempeng lain karena gaya gravitasi. Namun studi baru menunjukkan bahwa itu bukanlah gambaran keseluruhan.

Penelitian dimulai pada 2016, ketika sekelompok peneliti berlayar dengan kapal penelitian ke bagian terluas Samudra Atlantik antara Amerika Selatan dan Afrika. "Dengan kata lain, ke dunia antah berantah," kata penulis utama Matthew Agius, yang pada saat itu adalah peneliti pascadoktoral di Universitas Southampton di Inggris, tetapi sekarang di Universitas Tre Roma di Italia.

Agius mengatakan, tempat itu bukan rute yang sangat populer untuk perjalanan. Tapi hamparan samudera yang luas dan kosong ini terletak di atas tempat geologis yang sangat penting: punggungan Atlantik tengah, batas tektonik terbesar di planet ini yang membentang 16.093 kilometer dari Samudra Arktik hingga ke ujung selatan Afrika. (Baca juga: Mengapa Salju Berwarna Putih tapi Air Tampak Jernih?)

Ini adalah tempat di mana Lempeng Amerika Selatan dan Amerika Utara bergerak terpisah dari lempeng Eurasia dan Afrika, dengan kecepatan sekitar 1,6 inci (4 sentimeter) setahun, memanjang ke Samudra Atlantik.

Agius dan timnya menghabiskan waktu lima minggu berlayar melintasi jarak sekitar 1.000 km - menjatuhkan seismometer (instrumen yang mendeteksi gelombang atau getaran seismik seperti yang berasal dari gempa bumi) ke dasar laut.

"Sampai sekarang, kami tidak pernah memiliki gambaran bagus tentang apa yang terjadi di bawah laut," kata Agius. Karena gelombang seismik berperilaku berbeda tergantung pada materi yang dilaluinya, para peneliti dapat menggunakan data tersebut untuk membuat gambar, memungkinkan mereka untuk mengintip ke berbagai lapisan bumi.

Pada tahun mendengarkan itu, seismometer menangkap getaran dari gempa bumi yang menyebar dari berbagai belahan dunia dan melalui mantel dalam Bumi dari lapisan batuan panas yang sebagian besar padat yang tebalnya sekitar 2.900 km. (Baca juga: Bayi Dinosaurus Ternyata Sudah 'Siap Berburu' Sejak Lahir)