Ini Misi Ruang Angkasa yang Menewaskan Astronautnya

Kamis, 04 Februari 2021 - 16:06 WIB
loading...
Ini Misi Ruang Angkasa yang Menewaskan Astronautnya
Foto/dok
A A A
JAKARTA - Penjelajahan luar angkasa , di mana manusia memutuskan untuk mencari jawaban mengenai kehidupan di luar planet Bumi memiliki resiko yang sangat tinggi. Meluncurkan misi luar angkasa melewati atmosfer Bumi dan kembali lagi merupakan misi yang sangat berbahaya.

Dunia telah menyaksikan betapa berbahayanya perjalanan luar angkasa dan eksplorasi ruang angkasa yang pernah dilakukan manusia. Jika kita perlu menemukan lapisan perak, kita bisa, jika kita menyadari bahwa kecelakaan ini sangat jarang dan bahwa misi luar angkasa dilakukan dengan tingkat keamanan tertinggi dalam pikiran.

1. Kecelakaan Soyuz 1 Tahun 1967

Ini Misi Ruang Angkasa yang Menewaskan Astronautnya


Astronaut pertama yang meninggal karena kesalahan penerbangan luar angkasa adalah Vladimir Komarov. Dia juga orang pertama yang pergi ke luar angkasa dua kali, tetapi ekspedisi keduanya mengorbankan nyawanya. Misi Soyuz 1 memiliki rencana besar untuk Komarov yang akan menjadikan Rusia orang pertama yang berhasil mendaratkan kendaraan di permukaan Bulan. (Baca: Bumi Akan Kehilangan Bulan kedua untuk Selamanya)

Namun terjadi kesalahan teknis dimana kontrol misi tidak memperhatikan bagaimana salah satu panel surya, yang penting untuk menyediakan daya ke pesawat ulang-alik, tidak terpasang dengan benar. Komarov mengalami kesulitan navigasi, dan misi ke Bulan dibatalkan.

Saat Soyuz memasuki atmosfer bumi, kapsul yang membawanya memerlukan parasut untuk memperlambat lajunya. Namun, parasut tidak mau terbuka sehingga kapsul tersebut meluncur cepat ke Bumi. Soyuz 1 jatuh pada 24 April 1967, menjadikan Komarov astronaut pertama yang meninggal dalam sebuah misi.

2. Pesawat Ulang-alik Challenger Tahun 1986

Ini Misi Ruang Angkasa yang Menewaskan Astronautnya


Pada 28 Januari 1986, setelah peluncuran ditunda berkali-kali, pesawat ulang-alik Challenger dijadwalkan untuk memulai misi. Hari itu dingin, dengan suhu udara mencapai 26 ° F (−3 ° C). Ini adalah keadaan yang riskan karena O-ring, salah satu bagian yang terlibat dalam berfungsinya pendorong roket, bisa menjadi tidak stabil.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1867 seconds (0.1#10.140)