WHO Temukan Indikasi Virus Corona Sudah Mengganas di China Sejak 2019

Senin, 15 Februari 2021 - 07:59 WIB
loading...
A A A
Masih belum jelas apakah 92 kasus ini terkait dengan virus Corona, dan apa yang mungkin diindikasikan oleh kurangnya pengelompokan tersebut.

Embarek menegaskan, misi tersebut dapat bertemu dengan pasien COVID-19 pertama yang dikatakan oleh China. Seorang warga Wuhan berusia 40-an, pria itu belum diidentifikasi, dan tidak memiliki riwayat perjalanan baru-baru ini.

"Dia tidak punya kaitan dengan pasar," kata Embarek. "Kami juga berbicara dengannya. Dia memiliki -dalam beberapa hal- kehidupan yang membosankan dan normal, tidak ada hiking di pegunungan. Dia adalah seorang pekerja kantoran di sebuah perusahaan swasta," bebernya.

China Janjikan Kerja Sama
China telah menjanjikan transparansi dengan penyelidikan WHO. Menanggapi kritik AS yang harus memberikan akses ke data mentah sebelumnya, Kedutaan Besar China di Washington DC mengatakan, "Apa yang telah dilakukan AS dalam beberapa tahun terakhir telah sangat merusak lembaga multilateral, termasuk WHO, dan sangat merusak kerja sama internasional tentang COVID- 19," ucap Juru Bicara Kedutaan Besar China di Amerika Serikat dalam pernyataan resminya.

"Tetapi AS, yang bertindak seolah-olah tidak ada dari semua ini yang pernah terjadi, menuding negara lain yang telah setia mendukung WHO dan WHO sendiri," lanjut pernyataan itu.

"Tim WHO berharap dapat kembali ke Wuhan dalam beberapa bulan kemudian untuk melanjutkan penyelidikannya. Meskipun pihaknya tidak dapat memberikan tanggal konkret untuk perjalanan yang dikonfirmasi," kata Embarek.

Dia mengatakan tim berharap segera memeriksa sampel biologis yang menurut para ahli tidak tersedia bagi mereka pada perjalanan pertama ini, khususnya ribuan sampel dari bank donor darah Wuhan yang berasal dari dua tahun lalu.

"Ada sekitar 200.000 sampel yang tersedia di sana yang sekarang diamankan dan dapat digunakan untuk serangkaian studi baru," kata Embarek. "Akan sangat fantastis jika kami bisa (bekerja) dengan itu," ucap Embarek.

“Kami memahami bahwa sampel ini adalah sampel yang sangat kecil dan hanya digunakan untuk keperluan litigasi,” ujarnya. "Tidak ada mekanisme untuk memungkinkan studi rutin dengan sampel semacam itu."

Dia, mengutarakan, beberapa sampel uji biologis lain yang mungkin terbukti berguna selama misi Wuhan, juga tidak tersedia bagi mereka. "Banyak sampel yang dibuang setelah beberapa bulan atau pekan, tergantung tujuan pengambilannya," katanya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2343 seconds (0.1#10.140)