Rabu, 17 Februari 2021 - 07:32 WIB
Foto-foto Indah Kawah Jezero, Lokasi Pendaratan Perseverance NASA di Mars
Kawah Jezero terletak tepat di atas ekuator Mars di belahan bumi timur Planet Merah, tempat pesawat ruang angkasa canggih NASA, Perseverance, mendarat. Foto/Shutterstock/Live Science
HOUSTON - NASA dijadwalkan mendaratkan helikopter Perseverance rover dan Ingenuity di Mars pada 18 Februari 2021. NASA pun mengonfirmasi bahwa pesawat ruang angkasanya akan mendarat di Kawah Jezero.

Kawah ini terletak di daerah yang disebut Isidis Planitia, tepat di utara ekuator di belahan timur Mars. Dataran datar ini terletak di dalam cekungan raksasa selebar 750 mil (1.200 kilometer) yang dibentuk sejak 3 miliar hingga 4 miliar tahun lalu ketika sebuah komet atau asteroid besar menghantam Planet Merah.

Meteorit yang lebih kecil, beberapa waktu kemudian, menciptakan Jezero di dalam cekungan benturan yang lebih besar ini. Bukti menunjukkan sebuah sungai pernah mengalir ke Jezero, di mana ia membentuk delta yang telah lama mengering, menurut NASA.

Berikut ini sekilas tentang tempat mendarat Perseverance yang terlihat apik dalam galeri foto, seperti yang dirangkum laman Live Science:

Perseverance Tidak Sendiri

Foto/NASA/JPL-Caltech

Perseverance mengikuti sejumlah pendaratan Mars yang sukses. Misalnya, pesawat ruang angkasa robotik bernama Phoenix mendarat di wilayah Mars 'Vastitas Borealis pada 25 Mei 2008, dan beroperasi hingga 2 November 2008.

Lokasi itu setara dengan Alaska dalam hal garis lintang. Kemudian, pada 20 Juli 1976, Viking 1 itu menjadi pesawat ruang angkasa kedua yang mendarat di Mars. Pesawat ruang angkasa ini juga pendarat pertama yang berhasil menyelesaikan misinya.

Delta Kuno
Foto-foto Indah Kawah Jezero, Lokasi Pendaratan Perseverance NASA di Mars

Gambar kawah Jezero, tempat Perseverance akan mendarat di Mars. Foto/ESA/DLR/FU-Berlin

Di sini, sisa-sisa delta purba di Kawah Jezero, tempat Perseverance akan mencari tanda-tanda mikroba yang membatu. Gambar itu ditangkap oleh Kamera Stereo Resolusi Tinggi di pesawat pengorbit Mars Express Badan Antariksa Eropa.

Danau Kuno

Foto/NASA

Perseverance memiliki target pendaratan (lingkaran putih) yang berukuran diameter 4,8 kali 4,1 mil (7,7 kilometer kali 6,6 kilometer) di dalam Kawah Jezero. Delta dan tepi kawah berbentuk kipas dapat dilihat di gambar ini. Dahulu kala, Jezero adalah sebuah danau dengan kedalaman beberapa ratus kaki.

Tanah Liat dan Karbonat

Foto/NASA/JPL-Caltech/MSSS/JHU-APL

Para ilmuwan yang memilih tempat untuk pendaratan Perseverance mengetahui bahwa Jezero mengandung sedimen dengan lempung dan karbonat -bukti bahwa air kemungkinan besar pernah mengukir saluran yang kemudian membawa sedimen untuk membentuk delta di sana.

Air, sebagai salah satu bahan penting bagi kehidupan, adalah tanda yang menjanjikan bahwa penjelajah dapat menemukan mikroba yang membatu. Gambar ini diambil dengan instrumen di Mars Reconnaissance Orbiter (MRO) NASA.

Mosaik Mars

Foto/NASA/JPL-Caltech/MSSS/Tanya Harrison, CC BY-NC-ND 3

Gambar yang diambil oleh Mars Reconnaissance Orbiter Context Camera disatukan untuk membuat mosaik beresolusi tinggi Kawah Jezero Mars.

Close-up Ekstrim

Foto/NASA HiRISE

Potongan close-up kawah Jezero ini mengungkapkan keindahan dan kerumitan cekungan di Mars.

Danau Dahulu Kala

Foto/NASA/JPL-Caltech

Dalam ilustrasi ini, Anda dapat melihat seperti apa Kawah Jezero yang terlihat miliaran tahun ketika dipenuhi dengan danau. Sepertinya ada jalan masuk dan keluar di kedua sisi danau.

Setelah penjelajah mendarat, Perseverance akan mengambil sampel untuk membantu ilmuwan memahami geologi planet dan iklim masa lalu. Nyatanya, ini akan menjadi misi pertama untuk mengumpulkan dan "menyelamatkan" batu dan regolith dari Mars.

Lingkaran Menandai Titik Pendaratan

Foto/NASA

Tim NASA mengincar area tertentu di Kawah Jezero (elips biru) untuk pendaratan. Mereka memilih lokasi dengan misi Perseverance dalam pikiran: Mereka mencari tanda-tanda kehidupan mikroba kuno.

Untuk menemukan petunjuk tersebut, Perseverance akan mengumpulkan sampel batuan dan regolith, atau pecahan batu dan debu.

Di Bagian Mana Mars?

Foto/Shutterstock

Kawah Jezero terletak tepat di atas ekuator Mars di belahan bumi timur planet.

Dari Dasar Kawah

Foto/NASA/MSSS/USGS

Pemandangan Jezero yang miring ini menghadap ke barat dari atas dasar kawah, melewati delta berbentuk kipas dan ke lembah yang membelah tepi kawah. Di Bumi, delta seperti itu sering terkonsentrasi dan menyimpan bukti pengangkatan.

Ilmuwan berharap hal yang sama berlaku di Mars. Mosaik yang sama yang digunakan untuk menghasilkan tampilan ini (ditampilkan di sini) akan dibawa ke dalam pesawat ruang angkasa Mars 2020. Ini akan digunakan untuk membantu pesawat menghindari bahaya seperti tebing dan ladang bukit pasir di permukaan Mars. Untuk membuat mosaik ini, peneliti menyelaraskan beberapa gambar dari Kamera Konteks di Mars Reconnaissance Orbiter.