China Tuding Lab Militer Fort Detrick AS Jadi Biang Virus Corona

Minggu, 21 Februari 2021 - 02:32 WIB
loading...
A A A
Dan ketika perhatian kembali ke Wuhan pada awal tahun ini, wacana konspirasi ini telah berlipat ganda, dengan web akun resmi pemerintah, pemberi pengaruh, dan media pemerintah menyebarkan disinformasi ini ke puluhan juta pengguna online.

Konspirasi Virus
Pada pekan-pekan pertama pandemik, sensor China dengan ketat mengontrol spekulasi tentang virus itu, bahkan yang melibatkan AS. Pada Januari 2020, menurut media pemerintah, seorang pria di Mongolia Dalam ditangkap karena menyebarkan rumor setelah video yang dia buat yang mengklaim virus itu adalah senjata biologis AS ditonton hampir 14.000 kali.

Sikap ini berubah karena otoritas China menghadapi kritik yang meningkat baik di dalam maupun luar negeri. Di Washington, Pemerintahan Trump, yang gagal dalam respons domestiknya sendiri dan menghadapi jumlah kasus yang terus meningkat, mengecam Beijing.

Di China, kemarahan tumbuh atas kematian Li Wenliang, seorang dokter dan whistleblower Wuhan, yang ditegur oleh polisi karena berbagi informasi tentang virus tersebut, sebelum akhirnya menyerah.

Sepanjang Maret dan April, laporan di media pemerintah China mulai berfokus pada Fort Detrick, yang berpuncak pada artikel di People's Daily, corong resmi Partai Komunis, menyerukan kepada pemerintah AS untuk memberikan "jawaban yang jelas kepada dunia" tentang Lab USAMRIID.

Asal mula konspirasi, inti kebenaran di mana semua klaim palsu lainnya telah berlapis, adalah insiden dari 2019, ketika inspektur CDC menghentikan sementara penelitian di USAMRIID, karena masalah keamanan. Saat itu, lab sedang menangani patogen termasuk Ebola, Zika, dan wabah.

Seorang juru bicara lab mengatakan kepada Army Times pada 2019, bahwa masalah tersebut berasal dari saat laboratorium beralih dari sterilisasi uap ke sistem kimia pada tahun sebelumnya. "Sistem baru mengharuskan banyak perubahan dalam infrastruktur laboratorium, prosedur, dan praktik kerja yang secara substansial meningkatkan kompleksitas pengoperasian di laboratorium penahanan," kata petugas urusan publik Caree Vander Linden.

"Masalah mekanis dan kesalahan manusia termasuk di antara masalah yang dikutip oleh CDC dalam mengeluarkan penangguhan," tambahnya.

Meskipun banyak investigasi publik atas insiden 2019, baik oleh CDC dan beberapa media, tidak menemukan bukti bahaya, atau membuat referensi apa pun ke virus Corona.

Sebelum mengalihkan fokusnya ke pertahanan terhadap senjata biologis dan patogen alami, Fort Detrick menjadi tuan rumah program senjata biologis ofensif Washington sendiri, yang berakhir pada tahun 1969. Ini juga telah dikaitkan dengan penelitian CIA tentang pengendalian pikiran selama Perang Dingin.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3627 seconds (0.1#10.140)