8 Bahasa Lisan Tertua di Dunia, Mandarin Paling Banyak Digunakan

Sabtu, 27 Februari 2021 - 11:30 WIB
loading...
8 Bahasa Lisan Tertua di Dunia, Mandarin Paling Banyak Digunakan
Ilustrasi foto/SINDOnews/Masyhudi
A A A
JAKARTA - Kebutuhan untuk berkomunikasi adalah kualitas inheren yang dimiliki semua makhluk hidup. Jika hewan memiliki cara berkomunikasi sendiri, manusia memiliki bahasa. Seperti halnya manusia yang berevolusi, begitu pula bahasa manusia. Dengan setiap perubahan generasi, bahasa telah berubah dalam banyak hal, baik besar maupun kecil.

Beberapa bahasa telah bercabang menjadi dialek berbeda, sementara beberapa lainnya telah punah. Beberapa lainnya masih tetap tidak berubah dari waktu asalnya sampai saat ini, diucapkan dan ditulis dalam bentuk yang sama seperti berabad-abad lalu. Berikut 8 bahasa lisan tertua di dunia. (Baca: Deretan Alat Komunikasi dari Masa ke Masa, Ada yang Masih Ingat?)

1. Basque

8 Bahasa Lisan Tertua di Dunia, Mandarin Paling Banyak Digunakan


Mulai Digunakan : Tidak diketahui
Negara / Area Asal : Negara Basque (Spanyol)
Jumlah Penutur : Kurang lebih 900.000

Bahasa Basque disebut sebagai bahasa paling misterius di dunia. Begitu misteriusnya bahasa ini sehingga para ilmuwan tidak dapat menentukan kapan kali pertama bahasa ini digunakan. Yang pasti bahasa ini merupakan bahasa yang masih hidup dari zaman pra-Indo-Eropa, sebelum bangsa Romawi mencapai Spanyol sekitar abad ke-2 Masehi.

Jadi, Basque sama sekali tidak terkait dengan bahasa Eropa lainnya, baik bahasa Prancis dan Spanyol "Romantis", dan hanya digunakan di wilayah negara Basque (Spanyol). Saat ini, 900.000 orang berbicara dan menganggap Basque sebagai bahasa ibu mereka.

2. China

8 Bahasa Lisan Tertua di Dunia, Mandarin Paling Banyak Digunakan


Mulai Digunakan : 1.250 SM
Negara / Area Asal : China dan sebagian Asia Tenggara
Jumlah Penutur : Sekitar 1,2 miliar

Bahasa paling banyak digunakan di dunia saat ini, bahasa Mandarin berasal dari lebih dari 3.000 tahun
lalu dengan sekitar 16% populasi dunia diperkirakan berbicara dalam bahasa ini (setiap enam orang di dunia dapat berbicara bahasa Mandarin).

Meskipun bentuk tertua dari bahasa China (China Kuno) tidak lagi digunakan, beberapa dialek yang bercabang dari bentuk aslinya, seperti Mandarin, Kanton, Wu, Min dan Yue saat ini digunakan secara luas, dengan bahasa Mandarin dan Kanton menjadi yang paling banyak digunakan. (Baca juga: Negara dengan Kematian Akibat Polusi Terbanyak di Dunia, Indonesia di Urutan ke-4)

Karena sifatnya yang digunakan secara luas, bahasa Mandarin adalah salah satu bahasa resmi PBB serta menjadi bahasa resmi Negara China, Taiwan, dan Singapura.

3. Yunani

8 Bahasa Lisan Tertua di Dunia, Mandarin Paling Banyak Digunakan


Mulai Digunakan : Diasumsikan sejak 1.120 SM
Negara / Daerah Asal : Yunani
Jumlah Penutur : Sekitar 13 juta

Bahasa Yunani adalah bahasa para filsuf, pemikir, dan cendekiawan besar pada umumnya. Bahasa Yunani modern berevolusi dari bahasa Yunani Kuno sekitar abad ke-11 M dan meskipun telah berkembang pesat dari versi paling awal, bahasa ini memegang rekor sebagai bahasa tertua di dunia yang masih hidup.

Ini tidak terlalu mengejutkan, mengingat bahasa ini memiliki catatan tertulis selama lebih
dari 34 abad. Bahasa Yunani adalah salah satu bahasa resmi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) serta
bahasa resmi Negara Yunani dan Siprus.

4. Persia

8 Bahasa Lisan Tertua di Dunia, Mandarin Paling Banyak Digunakan


Mulai Digunakan : 600 SM
Negara / Area Asal : Iran
Jumlah Penutur : Sekitar 110 juta

Diucapkan di Iran modern, Afghanistan, Tajikistan, dan wilayah lain yang sebelumnya merupakan bagian
dari Iran Raya, bahasa Persia adalah salah satu bahasa tertua di dunia. Persia Modern berevolusi dari Persia Kuno sekitar 800 M dan kurang lebih tetap tidak berubah sejak saat itu. Karena tarik-menarik politik yang terjadi di wilayah tersebut, bahasa Persia juga disebut berasal dari di Afghanistan dan Tajiki di Tajikistan, tetapi keduanya pada dasarnya adalah Persia dengan perubahan kecil. Selama berabad-abad, bahasa Persia sangat memengaruhi bahasa lain seperti Urdu. (Baca juga: Ajaib, Anak Anjing di Oklahoma Terlahir dengan Enam Kaki)

5. Arab

8 Bahasa Lisan Tertua di Dunia, Mandarin Paling Banyak Digunakan


Mulai Digunakan : 512 SM
Negara / Daerah Asal : Arab
Jumlah Penutur : Sekitar 422 juta

Bahasa Arab adalah bahasa resmi dari 28 negara, serta salah satu bahasa resmi Perserikatan Bangsa-
Bangsa (PBB). Bahasa Arab modern berasal dari Al-Quran dan meskipun banyak dialek bahasa yang berbeda ada saat ini, tidak ada perbedaan utama antara cabang-cabang ini. Bahasa Arab telah menjadi
bahasa paling banyak digunakan dalam sains, matematika, dan filsafat. Banyak kata dari bahasa Eropa memiliki pengaruh bahasa Arab di dalamnya. Dan faktanya, bahasa Arab telah memengaruhi setidaknya 20 bahasa di seluruh dunia, termasuk Spanyol, Hindi, dan Urdu.

6. Tamil

8 Bahasa Lisan Tertua di Dunia, Mandarin Paling Banyak Digunakan


Mulai Digunakan : 300 SM
Negara / Area Asal : India dan Sri Lanka
Jumlah Penutur : Sekitar 78 juta

Bahasa Tamil adalah salah satu bahasa klasik yang bertahan paling lama di dunia. Catatan menunjukkan
bahwa bahasa Tamil berasal dari 300 SM dan telah digunakan selama lebih dari 2.000 tahun. Sebuah
bahasa "Dravida" (terutama digunakan di wilayah selatan India), Tamil adalah bahasa ke-20 yang paling banyak digunakan di dunia, yang berarti sekitar 78 juta orang di dunia menggunakan bahasa tersebut.

Ini tidak terlalu mengejutkan, mengingat bahasa Tamil digunakan sebagai bahasa resmi di negara bagian Tamil Nadu di India, Wilayah Persatuan Puducherry, dan negara-negara Sri Lanka, India, dan Singapura. Bahasa Tamil dapat diklasifikasikan ke dalam bahasa Tamil klasik, modern, dan sehari-hari, dan ketiga bentuk ini masih digunakan sampai sekarang.

7. Ibrani

8 Bahasa Lisan Tertua di Dunia, Mandarin Paling Banyak Digunakan


Mulai Digunakan : Abad ke-10 SM
Negara / Area Asal : Israel
Jumlah Penutur : Sekitar 9 juta

Bahasa Ibrani disebut-sebut sebagai salah satu bahasa paling indah dan menarik di dunia. Bahasa Ibrani adalah bahasa resmi Negara Israel. Bahasa Ibrani hampir tidak ada lagi antara 200-400 M, ketika orang berhenti menggunakannya sebagai bahasa lisan sehari-hari. Namun, dengan munculnya Zionisme dalam dua abad terakhir, bahasa Ibrani mendapatkan kembali momentumnya dan digunakan oleh orang Yahudi di seluruh dunia. Bahasa Ibrani terdiri dari Bahasa Ibrani Modern (bahasa yang lebih umum diucapkan dan digunakan) atau Bahasa Ibrani Pra-modern (hanya digunakan untuk berdoa dan belajar) dan masih terus berkembang. (Baca juga: Dibeli Secara Obral, Mangkuk China Ini Ternyata Barang Antik yang Sangat Langka)

8. Gaelik Irlandia

8 Bahasa Lisan Tertua di Dunia, Mandarin Paling Banyak Digunakan


Mulai Digunakan : Abad ke-4 Masehi
Negara / Area Asal : Irlandia
Jumlah Penutur : Sekitar 74.000

Gaelik Irlandia pada kenyataannya adalah salah satu bahasa lisan tertua di dunia, meskipun kelompok penuturnya relatif kecil. Bahasa ini dikembangkan jauh sebelum bahasa Latin muncul dan disebut-sebut memiliki literatur vernakular tertua di antara bahasa Eropa Barat mana pun. Gaelik Irlandia saat ini diakui sebagai bahasa resmi Irlandia dan merupakan bahasa minoritas di Irlandia Utara.

Sumber: www.oldest.org
(ysw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1297 seconds (0.1#10.140)