Ganja Berbahaya Bagi Orang yang Sering Sakit Kepala

Rabu, 03 Maret 2021 - 06:16 WIB
loading...
A A A
"Untuk saat ini, masih terlalu dini untuk memberikan rekomendasi klinis berdasarkan temuan saat ini," tambah Zhang.

Zhang dan rekannya meluncurkan penelitian mereka setelah memerhatikan sejumlah pasiennya dengan migrain kronis. Sementara departemen kesehatan juga menggunakan produk ganja," katanya.

Karena hanya ada sedikit penelitian tentang penggunaan ganja dan gangguan sakit kepala ini, tim memutuskan untuk mengeksplorasi hubungan tersebut lebih lanjut. "Penelitian kami adalah yang pertama dari jenisnya untuk menilai risiko sakit kepala akibat penggunaan obat yang berlebihan pada pasien migrain kronis yang menggunakan ganja," ungkap Zhang.

Tim mengambil data dari Alat Penemuan Kelompok Repositori Penelitian Stanford, mengumpulkan informasi tentang pasien migrain kronis yang dirawat antara 2015 dan 2019. Mereka termasuk 368 orang dewasa yang telah mengalami migrain kronis selama setidaknya satu tahun. Sebanyak 150 orang dilaporkan menggunakan produk ganja dan 218 tidak menggunakan apapun.

Tim kemudian menilai pasien mana yang telah didiagnosis dengan MOH, dengan mempertimbangkan variabel lain. Seperti seberapa sering mereka terkena migrain, berapa lama mereka telah menggunakan ganja, kapan mereka didiagnosis dengan MOH dan obat lain apa yang mereka minum untuk sakit kepala.

Peneliti menemukan 212 pasien menderita MOH, dan bahwa pasien yang melaporkan penggunaan ganja jauh lebih mungkin didiagnosis dengan gangguan tersebut. Mereka juga menemukan ada hubungan yang signifikan antara penggunaan ganja, penggunaan opioid dan sakit kepala rebound.

"Beberapa pasien dalam penelitian ini yang menggunakan ganja juga mengonsumsi, atau memiliki riwayat mengonsumsi opioid," tambah Zhang.

Sekali lagi, penelitian di masa depan perlu menyelidiki apakah dan bagaimana obat ini meningkatkan risiko sakit kepala berulang, serta apa yang terjadi ketika orang memakainya secara bersamaan.

Live Science mengutarakan, produk ganja mengikat reseptor di tubuh yang mengatur persepsi rasa sakit. Dan ada bukti bahwa produk ganja dapat membantu meringankan jenis nyeri kronis tertentu.
(iqb)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3937 seconds (0.1#10.140)