Bumi Punya Lapisan Tersembunyi yang Tak Bisa Dipecahkan Ilmuwan

Rabu, 10 Maret 2021 - 16:41 WIB
loading...
A A A
Tetapi tidak mudah untuk mengatakan apa itu sesuatu. Para peneliti sekarang bekerja dengan fisikawan mineral dan ahli geodinamika untuk mencoba menghasilkan model inti dalam-dalam yang akan menjelaskan perubahan ini. Saat planet mendingin, inti dalam mendingin dan mengembang, jelas Stephenson, sehingga struktur inti dalam-dalam bisa berhubungan dengan cara besi mengkristal saat mendingin, atau bisa juga karena perubahan cara logam berperilaku suhu dan tekanan yang tinggi.

Pencitraan inti itu rumit, sebagian karena gempa Bumi dalam yang digunakan para ilmuwan untuk pencitraan tidak terjadi secara merata di seluruh dunia. Dataset yang tidak rata ini mengarah ke titik buta.

Ahli seismologi dan geofisika sekarang sedang mencari cara untuk mengetahui jenis gelombang gempa halus yang disebut fase eksotis yang telah melewati inti dalam. Fase-fase ini biasanya terlalu halus untuk dilihat dari satu gempa Bumi, tetapi dapat dideteksi dalam kumpulan data besar dari ribuan gempa bumi.

Inti penting untuk dipahami, lanjut Stephenson, karena interaksinya yang berputar menciptakan medan magnet Bumi. Medan magnet, pada gilirannya, melindungi planet dari partikel bermuatan yang mengalir dari Matahari. Perlindungan ini memungkinkan evolusi kehidupan. "Ini benar-benar penting," kata Stephenson.
(iqb)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2144 seconds (0.1#10.140)