Pilot China: Jet Tempur J-16 Sempurna dan Jauh Lebih Unggul dari Su-30 Rusia

Selasa, 30 Maret 2021 - 15:03 WIB
loading...
Pilot China: Jet Tempur J-16 Sempurna dan Jauh Lebih Unggul dari Su-30 Rusia
Jet tempur J-16 telah menjadi frequent flyer di dekat Selat Taiwan dan juga telah dikerahkan untuk menjaga perbatasan barat China. Foto/eng.chinamil.com.cn
A A A
BEIJING - Jet tempur multi-peran J-16 China dinilai sempurna dan jauh lebih unggul dari pesawat serupa lainnya termasuk, Su-30 , besutan Rusia. Hal itu diungkap seorang pilot yang berpengalaman menerbangkan beragam jenis pesawat tempur lainnya.

J-16 telah menjadi frequent flyer di dekat Selat Taiwan dan juga telah dikerahkan untuk menjaga perbatasan barat China. Analis mengatakan pada hari Rabu bahwa jet tempur adalah salah satu elemen inti pasukan pertahanan udara China.

"Dalam hal kinerja, J-16 lebih unggul dari semua jenis pesawat yang pernah saya terbangkan. Berbicara tentang kapasitas kendali pesawat, J-16 adalah pesawat generasi 3,5 dengan terobosan besar dalam sistem radar dan pengendalian tembakan di perbandingan dengan pesawat sebelumnya," kata Wang Songxi, seorang instruktur terbang di Angkatan Udara Komando Teater Utara Tentara Pembebasan Rakyat, selama wawancara dengan China Central Television (CCTV), Selasa (30/3/20210.

Wang menegaskan, J-16 tidak memiliki kekurangan. Alasannya, pesawat tempur dilengkapi banyak jenis senjata dan dapat beroperasi dalam segala kondisi cuaca.

Menjelaskan kemampuan tempur yang kuat dari J-16, Wang membuat beberapa perbandingan dengan pesawat terkenal lainnya. Orang normal biasanya tidak dapat membedakan antara J-16 dan Su-30 dari penampilan mereka, tetapi banyak hal yang berbeda dari dalam.

Wang mencatat ada celah yang membuat J-16 menjadi generasi yang lebih baik, lebih maju dari Su-30.

Mengingat pelatihan pertempuran udara dengan jet tempur generasi 3,5 China lainnya, J-10C, pada tahun 2020, Wang mengatakan, J-16 dan J-10C disebutnya berimbang. Tetapi Wang merasa J-16 lebih unggul.

"Karena memiliki dua mesin dan dua pilot, sedangkan J-10C hanya memiliki satu mesin dan satu pilot," ujarnya.

Wang mengatakan dia pernah mendapat kesempatan untuk menerbangkan jet latih JL-10 dan melakukan latihan serangan darat dengan proyektil roket dengan hasil yang luar biasa. Jika dibandingkan dengan JL-10, kemampuan serangan darat J-16 bahkan lebih kuat.

J-16 juga telah ditingkatkan untuk kemampuan siluman yang lebih baik, seperti yang dikatakan Jiang Jiaji, pilot pertama yang memenangkan kompetisi Helm Emas PLA sebanyak tiga kali, kepada CCTV pada awal 2019.

Dia menyebutkan J-16 sekarang dilapisi dengan "lukisan" abu-abu perak yang membuatnya kurang terlihat dengan mata telanjang dan perangkat elektromagnetik.

Laman Global Times mengutarakan, Fu Qianshao, ahli penerbangan militer China, berpendapat, desain aerodinamis J-16 lebih menekankan pada kemampuan manuver daripada siluman. Tetapi lapisannya dapat membuatnya lebih sulit untuk dideteksi.

Sejak September 2020, J-16 telah menjadi peserta rutin latihan rutin PLA di dekat Selat Taiwan, menurut otoritas pertahanan Pulau Taiwan. J-16 juga dikerahkan oleh Komando Teater Barat PLA dalam upaya untuk lebih melindungi integritas teritorial China di wilayah barat.
(iqb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2481 seconds (0.1#10.140)