Mengenal Iron Dome, Sistem Pertahanan Udara Israel yang Berhasil Ditembus Roket Hamas

Rabu, 12 Mei 2021 - 14:39 WIB
loading...
Mengenal Iron Dome, Sistem Pertahanan Udara Israel yang Berhasil Ditembus Roket Hamas
Iron Dome pertama kali diperkenalkan pada 2011. Setelah satu dekade Iron Dome diklaim telah menangkis 2.000 roket. Foto/IST
A A A
JAKARTA - Roket-roket Hamas dan Palestinian Islamic Jihad (PIJ) mulai ditembakkan ke wilayah Israel seiring memanasnya konflik antara Palestina dan Israel. Roket demi roket terus ditembakkan Hamas dan PIJ sebagai respons serangan Israel terhadap kompleks Masjid Al Aqsa.

Akibat serangan roket itu menurut keterangan polisi Israel lebih dari 90 orang di Ashdod dan Ashkelon terluka terkena ledakan. Salah satu bangunan yang rusak akibat serangan dari Gaza adalah sekolah, meskipun tidak ada kegiatan belajar mengajar pada saat penyerangan.



Mengenal Iron Dome, Sistem Pertahanan Udara Israel yang Berhasil Ditembus Roket Hamas


Yang menarik roket-roket yang ditembakkan Hamas itu justru berhasil melewati sergapan Iron Dome (Kubah Besi) yang sengaja dibuat oleh Israel untuk menangkis segala jenis serangan udara dari Hamas maupun PIJ.

Israel mengembangan sistem pertahanan udara itu memang dengan tujuan menangkis semua serangan udara yang ditembakkan dari wilayah Palestina. Tujuannya tentu saja untuk melindungi penduduk Israel dari serangan-serangan fatal tersebut.

Pertama kali diperkenalkan pada 2011, Iron Dome merupakan hasil riset dan pengembangan kolaborasi dua perusahaan Israel, Rafael Advanced Defense System dan Israel Aerospace Industries. Washington Post menyebutkan dalam pembuatannya kedua perusahaan itu mendapatkan bantuan teknis dan finansial dari Amerika Serikat.

Iron Dome diketahui bekerja dengan memanfaatkan radar dan software yang telah berisikan algoritma khusus. Radar dipasang guna mendeteksi serangan roket yang tiba-tiba muncul di udara. Di saat yang bersamaan algoritma yang ada di Iron Dome kemudian mengkalkulasi titik serangan roket yang akan jatuh di wilayah Israel.

Jika dari perhitungan tersebut diketahui akan meledak di wilayah padat penduduk dan objek vital Israel, maka Iron Dome langsung berupaya mencegat roket tersebut saat masih berada di udara. Cara pencegatannya adalah dengan menembakkan roket ke arah roket penyerang tersebut.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2654 seconds (0.1#10.140)