7 Ilmuwan Dunia yang Melakukan Terobosan Sains Modern

Selasa, 06 Juli 2021 - 08:04 WIB
7 Ilmuwan Dunia yang Melakukan Terobosan Sains Modern
Penelitian demi penelitian dilakukan untuk mencapai inovasi. Foto/dok
JAKARTA - Teknologi komunikasi hingga teknologi kesehatan yang kita nikmati saat ini tak lepas dari kerja keras ilmuwan yang menemukan inovasi dari teknologi saat itu. Penelitian demi penelitian dilakukan untuk mencapai inovasi tersebut.

Ilmuwan yan penemuannya mampu membantu kehidupan dunia, sebut saja Patricia Bath (1942-2029) yang menemukan teknologi operasi katarak dengan laser. Kemudian ada George Carruthers (1939-2020), ilmuwan yang menemukan teleskop bulan pertama di dunia dan membantu para astronom untuk mengeksplorasi luar angkasa.

Berikut 7 ilmuwan dunia yang membantu mengubah dunia dengan temuannya:

1. Charles Kuen Kao (1933-2018): Penemu teknologi broadband

Dikenal sebagai bapak komunikasi serat optik, Charles Kuen Kao merevolusi cara kita berkomunikasi. Pada pertengahan 1960-an, Kao mengusulkan cara untuk menyampaikan informasi, dalam bentuk cahaya, melalui kabel serat optik.

Kabel terdiri dari panjang, pipa kaca di mana berkas cahaya akan ditembakkan. Untuk mencegah cahaya bocor keluar sisi, Kao menggunakan kaca murni di mana dinding pipa bertindak sebagai cermin untuk foton, atau partikel cahaya, memaksa mereka untuk memantul di dalam pipa dan terus berjalan menyusuri pipa — sebuah fenomena yang disebut total refleksi internal, menurut jurnal Mayo Clinic Proceedings.

Berkat inovasi ini, informasi cahaya dapat ditransmisikan melintasi jarak yang jauh, yang sempurna untuk telekomunikasi. Pada tahun 2009, Kao memenangkan Hadiah Nobel dalam Fisika untuk pencapaian yang luar biasa.

2. Patricia Bath (1942-2019): Mengangkat katarak dengan laser

Seiring bertambahnya usia, kemampuan kita untuk melihat dapat terganggu. Salah satu penyakit terkait usia yang umum adalah perkembangan katarak.

Di bagian depan setiap mata, lensa seperti kaca memfokuskan gambar dunia luar ke sel penginderaan cahaya di bagian belakang mata.