7 Ilmuwan Dunia yang Melakukan Terobosan Sains Modern

Selasa, 06 Juli 2021 - 08:04 WIB
loading...
A A A
7. Alice Ball (1892-1916): Penemu Obat Kusta

Jauh sebelum Alice Ball lahir, kusta menyebabkan kerusakan saraf dan lesi kulit pada jutaan orang di seluruh dunia. Pada tahun 1873, dokter Norwegia Dr. Gerhard Henrik Armauer Hansen menemukan bahwa bakteri yang disebut Mycobacterium leprae adalah penyebab kusta.

Perawatan sederhana pertama yang berhasil untuk kondisi tersebut menggunakan minyak dari kacang chaulmoogra, yang dioleskan, ditelan atau bahkan disuntikkan. Meskipun pasien yang menjalani perawatan ini terkadang membaik, hal itu menyebabkan abses dan mual, menurut jurnal Pharmacy History.

Pada tahun 1915, Ball mengembangkan metode baru untuk mengekstrak senyawa bermanfaat dari kacang chaulmoogra. Pada saat itu, Ball sedang mengerjakan gelar master dalam bidang kimia, yang berfokus pada susunan kimiawi dari ramuan kava (Piper methysticum), Live Science sebelumnya melaporkan.

Karya ini menarik perhatian Dr. Harry Hollmann, asisten ahli bedah di Rumah Sakit Kalihi, yang saat itu menjadi pusat perawatan pasien kusta. Saat bekerja dengan Hollmann, Ball mengembangkan cara baru untuk mengisolasi bahan aktif dalam minyak kacang chaulmoogra. Ball kemudian merekayasa injeksi yang larut dalam air dari ekstrak ini sebagai pengobatan alternatif.

Pada tahun 1918, 78 orang yang menerima perawatan menggunakan metode Ball, bebas dari lesi dan dipulangkan dari perawatan rumah sakit, menurut New Scientist. Suntikan ini menjadi pengobatan kusta standar selama beberapa dekade.

Ball meninggal pada tahun 1916, pada usia 24 tahun, sebelum karyanya dapat diterbitkan. Penghargaan untuk metode revolusionernya dikaitkan dengan koleganya dan presiden perguruan tinggi Arthur L. Dean, yang mengabaikan keterlibatan Ball dalam "Metode Dekan".

Akhirnya, pada tahun 1922, Ball menerima pengakuan secara anumerta untuk karya teladannya ketika Hollmann menjuluki kemajuan ilmiah Metode Bola, menurut JSTOR Daily.
(ysw)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1505 seconds (0.1#10.140)