Mengecat Kuku Menggunakan Robot Hanya Butuh 10 Menit

Kamis, 08 Juli 2021 - 15:05 WIB
loading...
Mengecat Kuku Menggunakan Robot Hanya Butuh 10 Menit
Setelah sekitar 10 menit memasukkan jari ke mesin, ujung jari akan terlihag rapi dan cantik. Harganya pun terjangkau, hanya di bawah USD8. Foto: ist
A A A
SAN FRANSISCO - Kecanggihan robot bisa digunakan untuk banyak hal. Bahkan, untuk hal-hal yang mungkin tak terpikirkan, yakni manicure atau perawatan mempercantik kuku jari.

Tetapi jangan dibayangkan menggunakan kuas dan botol untuk mengecat kuku seperti manual. Sebaliknya, cukup memasukan tangan dan kuku akan dicat layaknya printer 3D.



Terdapat kamera di dalam kotak ungu besar yang mampu memindai setiap kuku itu. Kemudian masukkan tabung kecil cat dengan warna sesuai pilihan.

Setelah itu, biarkan mesin bekerja dengan mengecat kuku. Dan pastikan tangan tidak digerakan sama sekali.

Setelah sekitar 10 menit memasukkan jari ke mesin, ujung jari akan terlihag rapi dan cantik. Harganya pun terjangkau, hanya di bawah USD8.

Robot pengecat kuku ini merupakan salah satu robot ciptaan perusahaan robotika, Clockwork, di San Francisco, AS, dan menjadi salon kuku pertama yang menggunakan pekerja robot.

Pengalaman robotik ini bukannya tanpa bantuan manusia sama sekali. Ada dua karyawan Clockwork, termasuk direktur pengembangan dan operasi bisnis, Tracy Torhan, yang siap menyambut tamu, membantu memilih dari 10 pilihan warna yang ada, dan menjelaskan cara kerja semuanya.

Jika ada pelanggan yang datang dengan cat lama, keduanya membantu menghapusnya. Meskipun layar mesin secara detail menjelaskan apa yang harus dilakukan, tetapi campur tangan manusia tetap membantu kelancaran proses.

CEO Clockwork, Renuka Apte, merupakan alumnus ilmu komputer Georgia Tech dengan latar belakang teknik, mengaku tidak berniat menghentikan bisnis salon kuku atau mengganti pekerja manusia.



Sebaliknya, mengutip dari Mashable, Kamis (8/7), perusahaan yang berbasis di Bay Area ini melihat dirinya sebagai pelengkap.

Apte menyebut layanannya sebagai "minicures." Clockwork mengklaim layanannya itu bisa masuk ke dalam salon, bekerja bersama pekerja kuku untuk touch-up dan pewarnaan ulang cepat.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1920 seconds (0.1#10.140)