Apakah Covid-19 Berasal dari Kebocoran Lab? Bos WHO: Mungkin Saja!

Senin, 26 Juli 2021 - 08:18 WIB
loading...
Apakah Covid-19 Berasal dari Kebocoran Lab? Bos WHO: Mungkin Saja!
Bos WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus meminta China lebih transparan terhadap asal muasal virus Corona. Ia mengakui masih terlalu dini jika pandemi berasal dari kebocoran laboratorium. Foto: AP/Laurent Gillieron
CHINA - Asal muasal pandemi Covid-19 masih misteri hingga saat ini. Ya, virus itu memang pertama ditemukan di China. Tapi, ternyata data soal itu sangatlah minim.

Benarkah Covid-19 asalnya dari kebocoran laboratorium? Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Tedros Adhanom Ghebreyesus menyebut bahwa kemungkinan itu masih terbuka.

BACA JUGA: Membahas Fitur OPPO Reno6 dari A Sampai Z

Hingga saat ini, ia ingin tetap menganggap bahwa dugaan itu terus ada.Gara-garanya,akses informasi soal asal muasal Covid-19 sangatlah minim. Bahkan, ia sudah meminta China untuk lebih transparan ketika para ilmuwan mencari asal-usul virus corona.



Tedros mengatakan, mendapatkan akses ke data mentah yang jadi asal muasal Covid-19 di China sangat sulit. Apalagi, menemukan manusia pertama yang diidentifikasi menderita Covid-19 di kota Wuhan, China.

Kepada media, Tedros mengungkapkan kekesalannya. Ia bercerita bahwa WHO di Jenewa meminta agar China lebih transparan, terbuka, lebih kooperatif. Terutama soal informasi serta data mentah yang diminta di hari-hari awal pandemi.

Jika pemerintah Chinta tidak transparan, maka dugaan dan teori bahwa virus Covid-19 itu memang benar-benar berasal dari kebocoran laboratorium pemerintah China di Wuhan bisa jadi memang ada.

Meski, dalam laporan Maret 2021 WHO sudah merilis laporan bahwa kebocoran laboratorium “sangat tidak mungkin”.

“Saya sendiri adalah seorang teknisi laboratorium, saya seorang ahli imunologi, dan saya telah bekerja di laboratorium, dan kecelakaan laboratorium terjadi,” kata Tedros. “Itu hal biasa.”
halaman ke-1
preload video
KOMENTAR ANDA