Apakah Covid-19 Berasal dari Kebocoran Lab? Bos WHO: Mungkin Saja!

Senin, 26 Juli 2021 - 08:18 WIB
loading...
A A A
Dalam beberapa bulan terakhir, gagasan bahwa pandemi dimulai di laboratorium dan mungkin melibatkan virus yang direkayasa kembali mengemuka. Dan ini bukan teori konspirasi. Sebab, Presiden Joe Biden juga sudah memerintahkan intelijen AS untuk meninjau kembali soal wacana itu pada Mei 2021.

Tapi, China tidak terima. Bahkan, menyerang balik. Mereka mengatakan bahwa dugaan menghubungkan asal-usul Covid-19 ke laboratorium bermotivasi politik. China menegaskan bahwa Covid-19 bukan berasal dari negara mereka.

Pada pertemuan tahunan para menteri kesehatan WHO belum lama ini, China juga mengatakan bahwa pencarian asal-usul Covid-19 harus dilanjutkan, tapi di negara lain.

Sebagian besar ilmuwan memang menduga bahwa virus corona berasal dari kelelawar. Tapi, bagaimana pertama kali virus itu masuk ke tubuh manusia--melalui hewan perantara atau dengan cara lain--belum ditentukan.

Biasanya memang diperlukan waktu tahunan untuk mempersempit sumber alami virus hewan seperti Ebola atau Sars.

Tedros mengatakan bahwa "memeriksa apa yang terjadi, terutama di laboratorium WHO, adalah penting" untuk memastikan jika pandemi ini memang berhubungan dengan laboratorium atau tidak.



“Kami membutuhkan informasi, informasi langsung tentang bagaimana situasi lab ini sebelum dan pada awal pandemi,” kata Tedro. ”Karena itu kerja sama dengan pemerintah China sangat penting. Jika kami mendapatkan informasi lengkap, kami dapat mengecualikan (dugaan berasal dari lab).”

Sepanjang pandemi, Tedros telah berulang kali memuji China atas kecepatan dan transparansinya meskipun pejabat senior WHO secara internal mengeluhkan kebingungan dari rekan-rekan China mereka.
(dan)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3468 seconds (0.1#10.140)