Selasa, 26 Oktober 2021 - 13:30 WIB
7 Tumbuhan yang Sudah Punah di Habitat Aslinya, Salah Satunya dari Indonesia
Tumbuhan yang sudah punah di habitat aslinya kebanyakan terdapat dibeberapa negara tropis dunia. Foto/dok
JAKARTA - Tumbuhan yang sudah punah di habitat aslinya kebanyakan terdapat dibeberapa negara tropis dunia. Meski sudah tidak ada lagi di habitat aslinya, namun tumbuhan tersebut masih bisa ditemui di tempat konservasi untuk melindungi keberadaannya.

Punahnya tumbuh-tumbuhan ini bukan tanpa sebab, biasanya ulah manusia yang menjadi hal utama hilangnya spesies flora tersebut. Dari pembalakan liar hingga kebakaran hutan menjadi salah satu faktor pemicu punahnya spesies flora ini.

Berikut 7 tumbuhan yang sudah punah dari habitat aslinya yang dihimpun dari berbagai sumber:

1. Sartidia Perrieri

7 Tumbuhan yang Sudah Punah di Habitat Aslinya, Salah Satunya dari Indonesia

Tumbuhan ini merupakan endemik di Madagascar dan hanya ditemukan satu kali pada tahun 1914 di habitat aslinya. Ketika dilakukan eksplorasi kembali ke lokasi, daerah tersebut ternyata sudah berubah menjadi peternakan dan ladang padi.

Saat ini tak ada satupun sepsies S. Perrieri yang tersisa karena perambahan dan kebakaran hutan. Para ilmuwan menyatakan bahwa spesies ini sudah tak ditemukan lagi di habitat aslinya sehingga tidak ada yang bisa diselamatkan dari spesies ini.

2. Sigillaria