Ratusan Koin Emas Anglo-Saxon Ditemukan di Norfolk Inggris

Jum'at, 05 November 2021 - 09:19 WIB
loading...
Ratusan Koin Emas Anglo-Saxon Ditemukan di Norfolk Inggris
Ratusan koin emas dari masa Anglo-Saxon pada tahun 600 Masehi ditemukan di ladang wilayah Norfolk, Inggris. Foto/Ist/artsindustry
A A A
NORWICH - Ratusan koin emas dari masa Anglo-Saxon pada tahun 600 Masehi ditemukan di ladang wilayah Norfolk, Inggris. British Museum mengumumkan ada sebanyak 131 koin emas, empat keping emas, dan koin yang belum dicetak sebagian besar berupa emas batangan diperkirakan dari masa Anglia Timur.

“Penemuan besar ini, secara internasional mencerminkan kekayaan dan koneksi kontinental yang dinikmati pada masa awal Kerajaan Anglia Timur,” kata Tim Pestell, kurator arkeologi senior di Museum Kastil Norwich dikutip dari laman artsindustry, Jumat (5/11/2021).

Kerajaan East Angles atau Anglia Timur adalah salah satu penguasa yang paling penting 1.400 tahun yang lalu. Penemuan koin emas dalam jumlah banyak ini dapat memberikan informasi tentang ekonomi Inggris pada masa Anglo-Saxon awal.

“Tempat penemuan (koin emas) memiliki potensi untuk membuka pemahaman kita tentang sistem perdagangan dan pentingnya Norfolk barat bagi raja-raja yang berkuasa di Anglia Timur di abad ketujuh,” lanjut Tim Pestell. (Baca juga; Sedang Freediving di Laut, Penyelam Justru Temukan Harta Karun Koin Emas )

Benda-benda itu ditemukan selama enam tahun oleh seorang detektor anonim atau pemburu harta karun. Seorang pemburu harta karun yang juga petugas kepolisian, David Cockle, pernah menemukan sepuluh koin di situs yang sama dan mencoba menjualnya seharga £15.000.

Namun, pada 2017 dia dinyatakan bersalah atas pencurian dan dipenjara selama 16 bulan serta dipecat dari kepolisian. Tempat penemuan emas di wilayah Norfolk menjadi salah satu lokasi favorit dan produktif bagi pemburu harta kartun. (Baca juga; Langka, Uang Koin Emas Gambar Komodo hingga Soeharto Dijual Puluhan Juta )

Pemerintah Inggris terus mengkaji apakah timbunan itu merupakan harta karun di bawah Undang-undang Harta Karun tahun 1996 dan menjadi milik Kerajaan Inggris. Biasanya, pemerintah mengklaim temuan tersebut jika pihak museum ingin memperolehnya karena punya nilai sejarah.

“Ini adalah penemuan yang sangat penting. Faktanya, ini adalah timbunan koin terbesar yang ditemukan sampai saat ini. Itu harus jadi perhatian penting, di samping temuan terbaru lainnya dari East Anglia dan di tempat lain,” kata Gareth Williams, kurator koin abad pertengahan British Museum.
(wib)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1804 seconds (11.252#12.26)