5 Hewan Paling Lambat di Dunia, Salah Satunya Biasa Ada di Pekarangan

Rabu, 10 November 2021 - 06:03 WIB
loading...
5 Hewan Paling Lambat di Dunia, Salah Satunya Biasa Ada di Pekarangan
Koala umumnya adalah hewan soliter, menghabiskan sebagian besar waktunya di pohon. Foto/dok
A A A
JAKARTA - Para ilmuwan sudah melakan penelitian bahwa hewan tercepat di planet bumi ini adalah cheetah. Kucing besar ini mampu berlari dengan kecepatan 75 mil per jam dan dapat mencapai 69,5 mil per jam dalam tiga detik.

Cheetah memiliki kecepatan yang nyaris seperti mobil sport karena memang ditakdirkan sebagai hewan pemburu. Namun bagaimana dengan hewan yang ditakdirkan berjalan sangat lambat padahal mahluk ini juga harus berburu untuk makan?

Ada beberapa hewan yang memiliki kecepatan sangat lambat. Bahkan ada hewan yang kecepatannya hanya 14 meter perjam. Berikut deretan hewan yang terkenal sangat lambat di dunia:

1. Kura-kura

5 Hewan Paling Lambat di Dunia, Salah Satunya Biasa Ada di Pekarangan


Kura-kura darat bergerak dengan kecepatan kurang dari satu 1,6 kilometer per jam, menjadikannya salah satu hewan paling lambat di bumi. Salah satu alasan kecepatan lambat kura-kura adalah karena pola makan mereka; mereka adalah herbivora, jadi tidak perlu berburu atau mengejar makanannya.



Kura-kura juga memiliki metabolisme yang sangat lambat, yang membakar lebih sedikit energi. Kura-kura Galapagos menghabiskan banyak waktunya berjemur di bawah sinar matahari atau tidur.

Kurangnya gerakan mereka dikombinasikan dengan penyimpanan air internal yang besar memungkinkan mereka untuk bertahan hidup hingga satu tahun tanpa makan atau minum.

2. Siput

5 Hewan Paling Lambat di Dunia, Salah Satunya Biasa Ada di Pekarangan


Siput taman aktif di malam hari dan dapat ditemukan di halaman belakang, taman, dan hutan. Mereka sebagian besar aktif di musim semi, musim panas, dan musim gugur ketika cuaca hangat dan lembab.

Anda akan menemukannya di lingkungan yang teduh seperti di bawah bebatuan atau area rimbun yang dekat dengan tanah. Siput adalah salah satu hewan yang bergerak paling lambat di dunia; itu bergerak dengan kecepatan 45 meter per jam.

Kurangnya kecepatan mereka dikaitkan dengan kaki mereka (bagian tubuh yang memanjang dari cangkang), yang dalam kasus mereka adalah satu otot besar yang membantu mereka beringsut di tanah.

Ketika mereka bergerak, mereka meninggalkan jejak lendir, yang menghabiskan banyak air dan energi. Siput tidak perlu bergerak cepat untuk melarikan diri dari pemangsa karena cangkangnya membantu melindungi mereka.

3. Koala

5 Hewan Paling Lambat di Dunia, Salah Satunya Biasa Ada di Pekarangan


Koala adalah hewan berkantung asli Australia. Koala umumnya adalah hewan soliter, menghabiskan sebagian besar waktunya di pohon dan memakan daun kayu putih.



Karena makanan mereka agak miskin nutrisi, koala tidak memiliki banyak energi. Mereka menghabiskan sebagian besar waktunya untuk tidur (sekitar 16 jam per hari) atau hanya duduk di puncak pohon.

Meskipun mereka bergerak sangat lambat, ketika menghadapi ancaman, koala dapat mencapai kecepatan 28 km per jam.

4. Bintang laut

5 Hewan Paling Lambat di Dunia, Salah Satunya Biasa Ada di Pekarangan


Bintang laut adalah hewan laut yang bergerak sangat lambat. Mereka biasanya memiliki lima lengan, yang ditutupi dengan pengisap dan organ seperti penjepit yang membantu mereka bergerak perlahan melintasi dasar laut.

Dengan mata telanjang, bintang laut tampaknya tidak bergerak sama sekali, tetapi mereka memiliki kecepatan tertinggi 96 meter per jam.

Meskipun bintang laut adalah karnivora, hewan yang mereka makan sama lambatnya. Mereka memakan kerang, karang, tiram, dan kerang, serta ikan yang terluka atau mati.

5. Sloth

5 Hewan Paling Lambat di Dunia, Salah Satunya Biasa Ada di Pekarangan


Pada tahun 2016, para ilmuwan di University of Wisconsin-Madison mengumumkan bahwa sloth berjari tiga secara resmi adalah mamalia paling lambat di bumi.



Sloth menghabiskan sebagian besar waktu mereka untuk makan, tidur, dan beristirahat di puncak pohon hutan di Amerika Tengah dan Selatan.

Mirip dengan koala, sloth tidak memiliki makanan padat nutrisi. Mereka memiliki metabolisme yang lambat untuk mengatasi asupan kalori yang rendah dan bergerak sangat lambat untuk mempertahankan energi mereka.

Karena mereka menghabiskan sebagian besar waktu mereka meringkuk di pohon-pohon hutan, mereka jarang bertemu dengan ancaman predator sehingga tidak perlu bergerak cepat. Rata-rata sloth menempuh jarak 37 meter per hari dan tidur selama sekitar 15 jam.
(ysw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1840 seconds (0.1#10.140)