Roket Falcon 9 Luncurkan 53 Satelit Broadband Starlink, Dilengkapi Sistem Komunikasi Berbasis Laser

Minggu, 14 November 2021 - 12:16 WIB
loading...
Roket Falcon 9 Luncurkan 53 Satelit Broadband Starlink, Dilengkapi Sistem Komunikasi Berbasis Laser
Roket SpaceX Falcon 9 meluncurkan 53 satelit broadband Starlink yang dilengkapi dengan sistem komunikasi laser crosslink dari Stasiun Luar Angkasa Cape Canaveral, Florida. Foto/ SpaceX webcast
A A A
FLORIDA - Roket SpaceX Falcon 9 meluncurkan 53 satelit broadband Starlink yang dilengkapi dengan sistem komunikasi laser crosslink dari Stasiun Luar Angkasa Cape Canaveral, Florida pada Sabtu (13/11/2021) pagi waktu setempat.

SpaceX biasanya meluncurkan 60 satelit Starlink sekaligus, tetapi sistem laser tampaknya membuat bobot satelit lebih berat. Namun, sistem komunikasi laser akan memungkinkan transmisi data yang lebih cepat. (Baca juga; Jepang Luncurkan 9 Satelit Kecil ke Luar Angkasa dengan Roket Epsilon )

"Starlink adalah konstelasi Internet satelit yang dirancang dan diproduksi oleh SpaceX. Starlink dapat menyediakan Internet berkecepatan tinggi dan latensi rendah bagi orang-orang yang tinggal di lokasi terpencil dan pedesaan di seluruh dunia," kata Youmei Zhou, insinyur propulsi SpaceX Dragon.

Komunikasi laser antar-satelit mengurangi ketergantungan pada stasiun bumi, yang lebih mahal dan terkadang disertai kendala geografis lainnya. Sejak Starlink dimulai pada Mei 2019, SpaceX telah meluncurkan sekitar 1.500 satelit ke orbit untuk layanan Internet broadband di darat.

"Komunikasi laser antar-satelit berarti Starlink dapat membawa data dengan kecepatan cahaya dalam ruang hampa di seluruh Bumi sebelum menyentuh tanah," cuit pendiri dan CEO SpaceX, Elon Musk. (Baca juga; Terkendala Masalah Medis, NASA Tunda Peluncuran Roket SpaceX )

Peluncuran SpaceX Starlink dari Florida merupakan yang pertama kali, menggunakan salah satu roket Falcon 9 setinggi 229 kaki. Sebelumnya SpaceX meluncurkan misi Starlink dari Pangkalan Angkatan Luar Angkasa Vandenberg di California pada September.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2782 seconds (0.1#10.140)