5 Ikan Terbesar di Sungai Amazon, Nomor 4 Pernah Meneror di Waduk Jatiluhur

Senin, 29 November 2021 - 14:29 WIB
loading...
A A A
Ikan ini dinamakan aligator karena punya kemiripan dengan buaya, yakni moncong panjang dengan gigi yang tajam. Gigi-gigi tersebut menjadi senjata perlindungannya, termasuk saat ditangkap oleh manusia. Ikan aligator panjang tubuhnya bisa mencapai 2-3 meter dengan bobot tubuh seberat 140 kilogram.

Ikan ini pernah meneror penghuni Waduk Jatiluhur, Purwakarta karena terlepas ketika dibudidayakan pada tahun 2013. Ada sekitar 6 ekor ikan aligator yang terlepas setelah menggigit jaring keramba.



Ikan aligator yang terlepas ini memangsa ikan yang ada di keramba apung dan merusak puluhan keramba lainnya. Akhirnya ikan aligator itu berhasil ditangkap nelayan sebelum membahayakan manusia.

5. Ikan Lele Ekor Merah

5 Ikan Terbesar di Sungai Amazon, Nomor 4 Pernah Meneror di Waduk Jatiluhur


Selain ikan Piraiba, salah satu penghuni sungai Amazon yang termasuk ikan besar ini adalah lele ekor merah. Ikan ini bisa tumbuh hingga berukuran berat 45 kilogran per ekornya.

Ikan ini memiliki warna hitam putih dan sedikit aksen merah di bagian ekornya. Selain warna hitam, ada juga beberapa jenis ikan ini yang berwarna keemasan dengan eor tetap berwarna merah.
(ysw)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3083 seconds (0.1#10.140)