10 Penemuan Arkeologi Terbesar Tahun 2021

Senin, 13 Desember 2021 - 14:14 WIB
Simbol-simbol itu ditemukan pada sebuah fragmen tulang di wilayah Ramle di Israel tengah dan diyakini berusia sekitar 120.000 tahun. Hebatnya fragmen itu sebagian besar tetap utuh dan para peneliti mampu mendeteksi enam goresan serupa di satu sisi tulang. Bukti itu membuat mereka percaya telah memiliki sesuatu yang punya makna simbolis atau spiritual. (Baca juga; Temuan Manusia Purba di Sulawesi, Ahli Pastikan Punya Keturunan DNA hingga Kini )

10. Tongkat Ular Berusia 4.400 tahun
10 Penemuan Arkeologi Terbesar Tahun 2021

Arkeolog dari Universitas Turku, Badan Warisan Finlandia, dan peneliti dari Universitas Helsinki menemukan “tongkat” kayu zaman batu yang berbentuk seperti ular. Penemuan ini dilakukan di situs prasejarah Jarvensuo 1, lingkungan lahan basah kuno di tepi Danau Rautajarvi di barat daya Finlandia. Jarvensuo 1 ditemukan secara tidak sengaja selama tahun 1950-an oleh para penggali parit dan telah dilakukan penggalian berkelanjutan mulai tahun 2019.

Arkeolog mencatat bahwa penemuan ini tidak seperti artefak kayu lainnya dari Neolitik Eropa Utara. Meskipun ular kadang-kadang digambarkan dalam piktograf seni cadas kontemporer dari Budaya Pit-Comb Ware (juga disebut Budaya Keramik Sisir). (Baca juga; 99 Tahun Penemuan Makam Raja Tutankhamun dan Kisah Misteri Kutukannya )