8 Tempat Paling Misterius di Laut yang Dihuni Hewan-Hewan Aneh

Minggu, 06 Februari 2022 - 13:45 WIB
loading...
A A A
3. Retakan di Tepi Cascadia

8 Tempat Paling Misterius di Laut yang Dihuni Hewan-Hewan Aneh


Banyak tempat metana lolos melalui retakan di dasar laut yang dikenal sebagai rembesan dingin. Yang membingungkan, suhu pada rembesan dingin cenderung sedikit lebih hangat daripada lautan di sekitarnya, dan karena itu rembesan menjadi tempat bagi seluruh bioma spesies.

Baru-baru ini Ocean Exploration Trust menemukan 500 dari rembesan dingin ini di lepas Pantai Barat AS, di tepi Cascadia, di mana metana mendesis seperti sampanye. Hewan yang kurang dikenal berkembang di sana seperti kerang dengan bakteri di insangnya yang memanfaatkan energi dari metana yang menggelegak. Masih menjadi misteri dari mana asal metana, tetapi diperkirakan bahwa itu dihasilkan oleh aktivitas geologis di bawah Samudra Pasifik. Hal lain yang tidak diketahui adalah apa efek pelepasan metana terhadap konsentrasi metana di atmosfer, dan lingkungan secara umum, karena metana adalah gas rumah kaca.

4. Terumbu Karang Greenland

8 Tempat Paling Misterius di Laut yang Dihuni Hewan-Hewan Aneh


Pada 2012, para peneliti menemukan terumbu karang yang dalam saat mengambil sampel air 900m di lepas Cape Desolation di pantai selatan Greenland. Para kru pertama kali menyadari ada karang di bawah mereka ketika mereka menurunkan peralatan mereka ke kedalaman dan itu dihancurkan oleh karang. Awalnya marah dengan penghancuran peralatan mereka, tim segera menjadi bersemangat ketika mereka menyadari apa yang ada di bawah mereka.

Hampir tidak ada yang diketahui tentang terumbu Greenland, namun terumbu air dingin serupa di Norwegia berusia 8.000 tahun. Tidak seperti karang yang ditemukan di perairan tropis, karang air dingin mampu tumbuh subur di air dengan suhu serendah 4 derajat Celcius dan dalam kegelapan total. Ini karena, tidak seperti kerabat tropis mereka, karang air dingin tidak bergantung pada sinar matahari untuk energi, melainkan memakan zooplankton yang dibawa ke karang oleh arus laut. Karena kedalaman di mana mereka ditemukan, banyak misteri masih menyelimuti terumbu air dingin dan hewan yang menghuninya.

5. Ventilasi Von Damm

8 Tempat Paling Misterius di Laut yang Dihuni Hewan-Hewan Aneh
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2012 seconds (0.1#10.140)