Keunikan Ujung Timur dan Barat Tembok Besar China, Dari Tepi Pantai Berakhir di Tengah Gurun

Sabtu, 12 Februari 2022 - 16:35 WIB
loading...
A A A
Di luar Celah Shanhaiguan, Tembok Besar membentang ke arah timur hingga menenggelamkan ke laut di tempat yang disebut Laolongtou (Kepala Naga Tua). Shanhaiguan saat ini adalah objek wisata nasional dan jalur strategis pertama di ujung timur Tembok Besar.

Sedangkan di ujung paling barat Tembok Besar China dikenal sebagai Jiayu Pass atau Jiayuguan, provinsi Gansu. Ditandai dengan bangunan Benteng Jiayuguan cukup mengesankan, mengingat lingkungannya yang tandus di tengah gurun.

Ada menara pengawas dua lantai di setiap sudut dan memiliki bailey dengan tiga bangunan bertingkat dengan atap pelana dan pinggul tiga tingkat. Dinding dalam dan luar, dua rumah gerbang, parit, dan menara suar. Bailey memiliki keliling 640 meter dan luas 25.000 meter persegi.



Jalur Jiayu dikelilingi oleh pegunungan yang menjulang tinggi di selatan dan perbukitan gurun di utara, dan sekelompok bukit yang terisolasi di barat. Tembok ini melindungi daerah lembah gurun selebar sekitar 15 kilometer.
Keunikan Ujung Timur dan Barat Tembok Besar China, Dari Tepi Pantai Berakhir di Tengah Gurun


Di selatan lembah, Tembok Besar berakhir di tepi ngarai Sungai Beida, penghalang alami. Bersama dengan Tembok Besar di seberang lembah, benteng itu adalah sistem pertahanan militer yang tak tertembus. Jadi itu pantas mendapatkan namanya: "Jalan Pertama dan Terbesar di Bawah Surga".

Ada mata air di depan benteng Jiayuguan, yang membentuk sebuah oasis. Mata air adalah salah satu alasan mengapa benteng dibangun di sana.
(wib)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1591 seconds (0.1#10.140)