Penyu Hijau Ini Ternyata Memberi Tahu Peneliti Kalau Gunung Tonga Akan Meletus

Senin, 14 Februari 2022 - 20:23 WIB
loading...
A A A
?

Gilbert mengaku akan membuat makalah observasional mengenai perilaku Tilly terhadap tanda-tanda kegempaan. “Ini temuan baru karena sebelumnya tidak ada penyu yang bisa mendeteksi aktivitas seismik,” katanya.

“Saya tidak berpikir Anda dapat menggunakan kura-kura sebagai alat prediksi gunung meletus . Tetapi Anda tidak bisa memerintah kura-kura untuk pergi ke suatu tempat karena mereka punya tujuan sendiri,” ujarnya.

Perubahan arah Tilly adalah putaran terbaru dalam konservasi penyu hijau di sekitar laut Pasifik. Tilly dan Sammy dua penyu hijau yang dilepas liarkan sebelum gunung Tonga meletus adalah tukik yang diselamatkan para relawan CTRC.

Keduanya dibawa dan diberi nama Tilly dan Sammy hingga mencapai dewasa dan siap kawin. Akhirnya, mereka berkembang dan dilepaskan ketika ukurannya mencapai 45 sentimeter.



Satu hal yang tidak terduga adalah kura-kura berusia 3 tahun untuk langsung menuju laut yang dalam. Sepertinya mereka mencari terumbu karang walaupun jauhnya mencapai ribuan kilometer daripada berada di Great Barrier Reef luar yang jauh lebih nyaman.

"Tilly pasti menuju Kepulauan Soloman atau Kaledonia Baru, tapi kami tidak tahu mengapa," kata Gilbert. Faktanya Tilly telah menempuh jarak 3.000 kilometer dalam 73 hari dan ini mengejutkan peneliti.

Sayangnya pelacak yang dipasang di Sammy berhenti bekerja 10 hari setelah dilepas ke laut bebas. Bisa jadi alat itu rusak atau Sammy dimangsa predator.
(ysw)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1360 seconds (0.1#10.140)