6 Hewan di Dunia yang Memiliki Jantung Unik, Nomor 5 Bikin Takjub

Selasa, 15 Februari 2022 - 10:01 WIB
loading...
6 Hewan di Dunia yang Memiliki Jantung Unik, Nomor 5 Bikin Takjub
Cacing tanah adalah satu hewan yang tidak memiliki jantung, namun binatang ini memiliki tiga jantung semu di kerongkongannya untuk memeras pembuluh memompa darah ke seluruh tubuh. Foto/dok
A A A
JAKARTA - Sejumlah hewan ternyata memiliki karakteristik jantung yang berbeda satu sama lain, begitu juga manusia. Namun di dunia hewan, terdapat binatang yang memiliki jantung unik yang bisa memperbaiki kerusakannya sendiri hingga memiliki lebih dari satu jantung.

Saat istirahat, jantung manusia berdetak antara 60 dan 80 kali per menit, tetapi pada saat yang sama, jantung babi tanah yang berhibernasi hanya berdetak lima kali dan jantung burung kolibri mencapai 1.260 detak per menit selama penerbangan bertenaga.

Berat jantung manusia sekitar 0,3 kilogram, tetapi jantung jerapah memiliki berat sekitar 11 kilogram, Jantung jerapah sangat besar karena organ tersebut harus cukup kuat untuk memompa darah ke leher panjang mereka.

Berikut adalah 6 hewan di dunia yang memiliki jantung uni yang dikutip dari Live Science:

1. Katak

6 Hewan di Dunia yang Memiliki Jantung Unik, Nomor 5 Bikin Takjub


Mamalia dan burung memiliki empat bilik jantung, tetapi katak hanya memiliki tiga, dengan dua atrium dan satu ventrikel, kata Daniel Mulcahy, kolaborator penelitian zoologi vertebrata yang mengkhususkan diri pada amfibi dan reptil di Smithsonian Institution, Museum of Natural History di Washington, DC.



Mulcahy mengatakan, secara umum, jantung mengambil darah terdeoksigenasi dari tubuh, mengirimkannya ke paru-paru untuk mendapatkan oksigen, dan memompanya ke seluruh tubuh untuk mengoksidasi organ-organ. "Katak bisa mendapatkan oksigen tidak hanya dari paru-parunya, tetapi juga dari kulitnya," kata Mulcahy.

Jantung katak memanfaatkan kekhasan evolusi ini. Saat darah terdeoksigenasi masuk ke atrium kanan, ia masuk ke ventrikel dan keluar ke paru-paru dan kulit untuk mendapatkan oksigen. Darah beroksigen kembali ke jantung melalui atrium kiri, kemudian ke ventrikel dan keluar ke organ utama.

Yang lebih aneh lagi adalah jantung katak tahan beku, termasuk katak kayu yang jantungnya benar-benar berhenti ketika katak membeku selama hibernasi musim dingin. Kemudian jantung katak mulai kmbali berdetak dalam waktu satu jam setelah pencairan.

2. Paus

6 Hewan di Dunia yang Memiliki Jantung Unik, Nomor 5 Bikin Takjub


Jantung paus biru adalah yang terbesar dari semua hewan yang hidup saat ini. "Jantung Paus seukuran mobil kecil dan beratnya sekitar 430 kilogram," kata James Mead, kurator emeritus mamalia laut di departemen zoologi vertebrata di National Museum of Natural History di Smithsonian Institution.

Seperti mamalia lainnya, jantung paus memiliki empat ruang. Organ tersebut bertanggung jawab untuk memasok darah ke seekor hewan sepanjang dua bus sekolah. "Dinding aorta, arteri utama, bisa setebal iPhone 6 Plus atau sekitar 15 sentimeter," kata Nikki Vollmer, asisten ilmuwan untuk Institut Koperasi untuk Studi Kelautan dan Atmosfer yang bekerja dengan NOAA Fisheries' Southeast.

Ketika paus biru menyelam jauh ke dalam laut, detak jantung mereka melambat menjadi empat detak per menit, yang membantu mereka memperpanjang waktu menyelam dan bahkan dapat mengurangi risiko dekompresi.



Itu karena detak jantung yang lebih rendah ini menurunkan aliran darah ke paru-paru yang bertekanan, dan pengurangan penyerapan nitrogen di tangan dapat meringankan dekompresi.

3. Cephalopoda

6 Hewan di Dunia yang Memiliki Jantung Unik, Nomor 5 Bikin Takjub


Makhluk laut tentakular dan bersenjata ini, termasuk gurita, cumi-cumi dan sotong, masing-masing memiliki tiga jantung. Dua jantung brakialis di kedua sisi tubuh cephalopoda mengoksidasi darah dengan memompanya melalui pembuluh darah insang, dan jantung sistemik di tengah tubuh memompa darah beroksigen dari insang ke seluruh organisme.

Cephalopoda juga secara harfiah berdarah biru karena mereka memiliki tembaga dalam darah mereka. Darah manusia berwarna merah karena zat besi dalam hemoglobin.

"Zat besi dalam hemoglobin manusia berwarna merah saat diberi oksigen tapi pada cumi-cumi darah beroksigen berubah menjadi biru," kata Michael Vecchione, seorang ahli zoologi invertebrata di Museum Nasional Sejarah Alam Smithsonian.

4. Kecoa

6 Hewan di Dunia yang Memiliki Jantung Unik, Nomor 5 Bikin Takjub


Seperti serangga lainnya, kecoa memiliki sistem peredaran darah terbuka, artinya darahnya tidak mengisi pembuluh darah. "Sebaliknya, darah mengalir melalui satu struktur dengan 12 hingga 13 ruang," kata Don Moore III, ilmuwan senior di Kebun Binatang Nasional Smithsonian di Washington, D.C.

Sinus dorsal, yang terletak di bagian atas kecoa, membantu mengirim darah beroksigen ke setiap bilik jantung. "Kecoak dan serangga lain bernafas melalui spirakel di tubuh, bukan paru-paru, sehingga darah tidak perlu membawa oksigen dari satu tempat ke tempat lain," kata Moore.

Sebaliknya, darah, yang disebut hemolimfa, membawa nutrients dan putih atau kuning. Jantung juga tidak berdetak dengan sendirinya. Otot-otot di rongga mengembang dan berkontraksi untuk membantu jantung mengirim hemolimfa ke seluruh tubuh.



Jantung sering kali lebih kecil pada kecoak tanpa sayap daripada kecoak yang bisa terbang. Tetapi jantung kecoa berdetak dengan kecepatan yang hampir sama dengan jantung manusia.

5. Cacing Tanah

6 Hewan di Dunia yang Memiliki Jantung Unik, Nomor 5 Bikin Takjub


Cacing tanah tidak benar-benar memiliki jantung tetapi cacing memiliki lima jantung semu yang membungkus kerongkongannya. Pseudoheart ini tidak memompa darah, melainkan memeras pembuluh darah untuk membantu mengedarkan darah ke seluruh tubuhnya.

Ia juga tidak memiliki paru-paru, tetapi menyerap oksigen melalui kulitnya yang lembab. "Udara terperangkap di dalam tanah, atau di atas tanah setelah hujan ketika cacing dapat tetap lembab, larut dalam lendir kulit, dan oksigen ditarik ke dalam sel dan darah. sistem di mana ia dipompa ke seluruh tubuh," kata Moore.

Cacing tanah memiliki darah merah yang mengandung hemoglobin, protein yang membawa oksigen. Tidak seperti manusia, cacing memiliki sistem peredaran darah terbuka. "Jadi hemoglobin hanya mengapung di antara cairan lainnya," kata Moore.

6. Ikan

6 Hewan di Dunia yang Memiliki Jantung Unik, Nomor 5 Bikin Takjub


Sebuah studi yang diterbitkan pada tahun 2002 dalam jurnal Science menemukan bahwa ikan zebra dapat sepenuhnya meregenerasi otot jantung hanya dalam dua bulan setelah 20% otot jantung mereka rusak.

Amfibi dan beberapa kadal dapat meregenerasi ekor mereka, dan katak yang diberi koktail obat khusus bahkan menumbuhkan kembali kaki dalam studi tahun 2022 di jurnal Science Advances, tetapi kemampuan regeneratif ikan zebra menjadikannya model utama untuk mempelajari pertumbuhan jantung.



Namun, ikan ini memiliki jantung yang unik. Selain satu atrium dan satu ventrikel, ikan juga memiliki dua struktur yang tidak terlihat pada manusia. "Sinus venosus" adalah kantung yang terletak di depan atrium dan "bulbus arteriosus" adalah tabung yang terletak tepat di belakang ventrikel.

Seperti pada hewan lain, jantung menggerakkan darah ke seluruh tubuh. Darah terdeoksigenasi memasuki sinus venosus dan mengalir ke atrium. Kemudian atrium memompa darah ke dalam ventrikel.

Ventrikel memiliki dinding yang lebih tebal dan lebih berotot, dan memompa darah ke dalam bulbus arteriosus. Bulbus arteriosus mengatur tekanan darah saat mengalir melalui kapiler yang mengelilingi insang ikan.

Kemduian insang akan melakukan pertukaran oksigen melintasi membran sel dan masuk ke dalam darah. Tetapi mengapa ikan membutuhkan bulbus arteriosus untuk mengatur tekanan darah? "Karena insangnya halus dan berdinding tipis dan bisa rusak jika tekanan darahnya terlalu tinggi," kata Moore.

Bulbus arteriosus itu sendiri tampaknya merupakan ruang dengan komponen yang sangat elastis dibandingkan dengan sifat otot ventrikel.
(ysw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2087 seconds (0.1#10.140)