Ngeri, Ini 4 Senjata Biologis Buatan Rusia yang Bikin Gentar Musuh

Jum'at, 11 Maret 2022 - 16:45 WIB
Ngeri, Ini 4 Senjata Biologis Buatan Rusia yang Bikin Gentar Musuh
Tak hanya senjata nuklir yang dapat meratakan tanah dalam sekejap, Rusia juga memiliki senjata biologis yang tidak kalah mematikan. Foto: dok/SINDONews
JAKARTA - Sebagai salah satu negara dengan militer terkuat, Rusia memiliki kelengkapan senjata perang yang mumpuni. Tak hanya senjata nuklir yang dapat meratakan tanah dalam sekejap, Rusia juga memiliki senjata biologis yang tidak kalah mematikan.

Senjata biologis merupakan senjata kuman, bakteri, virus atau bahkan racun yang dapat menimbulkan sejumlah penyakit. Tak hanya Rusia, sejumlah negara juga dikabarkan memiliki senjata biologis untuk persiapan mereka menghadapi perang biologis.

Berikut senjata biologis yang dikembangkan Rusia yang diolah dari berbagai sumber:

1. Bacillus Anthracis

Bacillus anthracis merupakan spesies bakteri penyebab infeksi antraks yang sering ditemukan pada hewan maupun manusia. Bacillus anthracis sangat cocok dijadikan sebagai senjata biologi karena memiliki sifat mematikan.

Saat bakteri dihirup dan bersarang di paru-paru manusia, terjadi infeksi parah. Jika tidak diobati dengan antibiotik, bakteri ini bisa membunuh 90% populasi yang telah terinfeksi.

Senjata biologis ini pernah dikembangkan oleh Soviet. Pada April 1979, tersebar wabah misterius di Sverdlovsk dan menyebabkan 66 orang serta sejumlah hewan mati.

Berdasarkan penyelidikan yang dilakukan pada 1992 oleh seorang peneliti, terungkap bahwa penyebab kematian massal itu adalah segumpal spora antraks yang secara tidak sengaja terlepas dari pabrik senjata biologis rahasia di kota tersebut, yang dikenal dengan Kompleks 19 (Compound 19).

2. Botullinum Toxin