5 Makam Mesir Kuno yang Indah Ditemukan di Saqqara Mesir, Milik Pejabat Tinggi Firaun

Sabtu, 26 Maret 2022 - 22:17 WIB
loading...
5 Makam Mesir Kuno yang Indah Ditemukan di Saqqara Mesir, Milik Pejabat Tinggi Firaun
Para arkeolog di Mesir menemukan lima makam yang terpelihara dengan baik dan dihias dengan warna-warni di samping piramida di Saqqara. Foto/Live Science
A A A
KAIRO - Para arkeolog di Mesir menemukan lima makam yang terpelihara dengan baik dan dihias dengan warna-warni di samping piramida di Saqqara. Kementerian Pariwisata dan Purbakala Mesir mengatakan, makam kuno itu berusia sekitar 4.200 tahun yang lalu.

Makam kuno tersebut memiliki prasasti hieroglif yang memberikan informasi tentang orang-orang yang dimakamkan di sana. Terdapat juga lukisan dinding yang melukiskan berbagai gambar, termasuk orang, guci, makanan, pola geometris warna-warni, dan apa objek yang tampak seperti serangga bersayap.

Makam-makam tersebut berasal dari dinasti keenam (sekitar tahun 2323 hingga 2150 SM) atau pada periode setelahnya, yang dikenal sebagai Periode Menengah Pertama (2150-2030 SM). Selama dinasti keenam, Mesir kuno masih bersatu tetapi menderita kekeringan, yang mengancam stabilitas negara.

Baca juga; Arkeolog Pastikan Material Belati Firaun Bukan Berasal dari Bumi

Mesir kemudian jatuh ke dalam krisis selama Periode Menengah Pertama, ketika pemerintah pusat runtuh dan negara terpecah dan diperintah oleh sejumlah penguasa lokal. Penemuan makam-makam ini menambah kekayaan sejarah Saqqara, sebuah nekropolis yang digunakan sepanjang sejarah Mesir kuno dan berisi banyak piramida termasuk Step Pyramid of Djoser.

Kelima makam itu ditemukan di barat laut piramida firaun Merenre I (memerintah sekitar tahun 2255 hingga 2246 SM) yang memerintah selama dinasti keenam. Piramida dalam kondisi buruk, dan pengerjaannya mungkin telah dihentikan sebelum selesai.

Mengingat lokasi dan tanggal makam, mungkin beberapa orang yang dimakamkan di makam ini bekerja untuk Merenre I. Prasasti hieroglif di situs tersebut mengatakan bahwa salah satu makam milik seseorang bernama "Iry," yang tampaknya adalah seorang pejabat senior.

Iry dimakamkan di sebuah sarkofagus batu kapur besar yang sekarang sudah hancur berkeping-keping. Para arkeolog sedang dalam proses mengumpulkan sarkofagus dan sisa-sisa manusia.

Baca juga; Hasil Pemindai Digital Mumi Firaun Amenhotep I, Raja Mesir Ini Ternyata Disunat

Salah satu makam lain tampaknya milik istri seorang pria bernama "Yaret," sementara makam lain milik seorang pria yang namanya mungkin diterjemahkan sebagai "Pepi Nefhany" yang mungkin adalah seorang imam berpangkat tinggi.
5 Makam Mesir Kuno yang Indah Ditemukan di Saqqara Mesir, Milik Pejabat Tinggi Firaun


Sebuah prasasti di makam mengatakan bahwa Pepi Nefhany adalah pengawas "rumah besar", yang mungkin merujuk ke istana tempat tinggal firaun. Makam lainnya adalah untuk seorang wanita yang namanya mungkin diterjemahkan sebagai "Betty" atau "Petty" — seorang pendeta wanita yang melayani Hathor, seorang dewi yang diasosiasikan dengan cinta dan kesuburan.

Makam kelima adalah untuk seseorang bernama "Hannu," yang menjabat sebagai pengawas istana kerajaan, kata pernyataan itu. Penggalian dan analisis makam sedang berlangsung. Banyak penemuan telah ditemukan di Saqqara dalam beberapa tahun terakhir, termasuk lebih dari 100 mumi yang diawetkan dengan indah yang ditemukan di lubang pemakaman, serta penemuan makam pejabat tinggi Ramses II.
(wib)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1384 seconds (10.177#12.26)