Rocket Lab Meluncurkan 2 Satelit Pengamat Bumi BlackSky ke Orbit

Minggu, 03 April 2022 - 05:57 WIB
"E-Space bertujuan untuk mengurangi persyaratan peluncuran untuk konstelasi penuh menjadi berbulan-bulan, bukan bertahun-tahun. Mengurangi waktu yang diperlukan untuk menskalakan, mengisi kembali, atau memberikan sistem penuh," kata Rocket Lab tentang kontrak yang baru-baru ini diumumkan.
Rocket Lab Meluncurkan 2 Satelit Pengamat Bumi BlackSky ke Orbit

Rocket Lab juga merencanakan peluncuran atas nama perusahaan pencitraan Bumi Synspective, untuk penyedia satelit Internet of Things Kinéis, dan untuk pelanggan pemerintah seperti NASA dan Kantor Pengintaian Nasional AS. Misi masa depan lainnya difokuskan pada mitigasi puing-puing orbit dan eksplorasi Venus, menurut manifes Rocket Lab.

Peluncuran Sabtu berlangsung hanya beberapa minggu setelah Rocket Lab mengumumkan akan membangun roket Neutron generasi berikutnya di Pulau Wallops, Virginia, dekat landasan peluncuran perusahaan di AS. Perusahaan juga meluncurkan landasan peluncuran kedua yang baru di situs Selandia Baru pada 28 Februari, dengan peluncuran penguat Elektron.

Neutron, yang dapat digunakan kembali, akan mengirim muatan yang lebih besar ke orbit daripada Elektron. Rocket Lab mengatakan roket Neutron yang lebih besar akan membawa set satelit yang lebih besar ke orbit, bersama dengan misi antarplanet yang haus bahan bakar dan berpotensi, bahkan misi manusia. Peluncuran pertama Neutron direncanakan pada tahun 2024.