5 Hewan di Palung Mariana, Nomor 4 Berenang Pakai Telinga

Jum'at, 15 April 2022 - 23:04 WIB
loading...
5 Hewan di Palung Mariana, Nomor 4 Berenang Pakai Telinga
Hewan di Palung Mariana atau laut terdalam di dunia ini memiliki bentuk yang aneh dan unik. Foto/dok
A A A
JAKARTA - Hewan di Palung Mariana atau laut terdalam di dunia ini memiliki bentuk yang aneh dan unik. Ini karena mereka harus beradaptasi dengan lingkungan mereka yang ekstrem dan gelap.

Palung Mariana adalah salah satu ekosistem paling beragam di dunia. Palung ini terbentuk melalui subduksi dua kerak samudera yang saling bertabrakan membuat satu bagian mendorong dan menarik yang lain ke bawah.

Menurut para ilmuwan, kedalaman palung mariana sekitar 10,9 kilometer sehingga sangat sulit diselami dengan peralatan biasa. Jarak pandang di palung tersebut nol, tekanan besar, dan suhu yang sangat dingin.

Untuk mengeksplorasi dan mengungkap misteri di Palung Mariana, perlu peralatan yang dibuat khusus. Karena itu, sebagian besar data yang dikumpulkan untuk eksplorasi laut sangat bergantung pada kemajuan teknologi.



Berikut 5 hewan yang hidup di Palung Mariana yang dikutip dari situs Ouren dangered World:

1. Ikan Barreleye

5 Hewan di Palung Mariana, Nomor 4 Berenang Pakai Telinga


Ikan ini bentuknya sangat aneh dengan sisik transparan dan sangat bening sehingga membuat semua isi di dalam tubuhnya terlihat. Tak hanya bagian tubuh, kepalanya juga transparan sehingga seluruh isinya dapat terlihat jelas.

Ikan ini hanya hidup di kedalaman 726 meter di bawah permukaan laut dan akan mati jika berusaha ke permukaan karena mengalami perubahan tekanan dari dalam ke dangkal.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6801 seconds (0.1#10.140)