Spesies Baru Ikan Pari Elang Ditemukan di Perairan Abu Dhabi

Minggu, 01 Mei 2022 - 08:41 WIB
loading...
Spesies Baru Ikan Pari Elang Ditemukan di Perairan Abu Dhabi
Pari elang merupakan pari demersal dan semi-pelagis dengan sebaran sirkumglobal di mana sebagian besar spesies dapat ditemukan di dekat garis pantai. Foto/Kantor Media Pemerintah Abu Dhabi
A A A
ABU DHABI - Spesies baru ikan pari elang secara mengejutkan ditemukan di perairan Abu Dhabi , Uni Emirat Arab (UEA). Pari elang adalah pari laut besar dengan sirip dada runcing panjang, ekor panjang, dan kepala yang berbeda.

Spesies baru (Aetomylaeus wafickii) ditemukan dari spesimen yang dikumpulkan di Teluk Arab selama Fisheries Resource Assessment (FRAS). Spesimen dikumpulkan dengan spesimen lain dari elasmobranch dan ikan.

Pari elang ini diidentifikasi sebagai Banded Eagle Ray (Aetomylaeus nichofii), yang sangat mirip dalam penampilan. Namun, kemudian dianggap baru setelah pemeriksaan menyeluruh dan penerbitan makalah ilmiah yang menyoroti deskripsi fisiknya.



Spesies yang baru dideskripsikan dapat dibedakan dari spesies serupa - Pari Elang Pita Biru (Aetomylaeus caeruleofasciatus) dan Pari Elang Pita (Aetomylaeus nichofii). Perbedaan tampak dari lebih banyak pita biru pucat di permukaan punggungnya (8-10 pita).

Selain itu, jumlah baris pelat gigi yang lebih banyak, dan ekor yang lebih pendek. Deskripsi ini dipublikasikan di Marine Biodiversity Journal pada 11 Februari 2022.

“Sangat menyenangkan bagi kami untuk menemukan spesies baru Eagle Ray di Abu Dhabi. Ini adalah indikasi yang menonjol bahwa perairan kita sehat dan kita memiliki keanekaragaman hayati laut yang melimpah,” kata Ahmed Al Hashmi, Direktur Eksekutif Divisi Keanekaragaman Hayati Terestrial dan Kelautan di Badan Lingkungan – Abu Dhabi (EAD) dikutip SINDOnews dari laman gulfnews, Minggu (1/5/2022).



Pari elang merupakan pari demersal dan semi-pelagis dengan sebaran sirkumglobal di mana sebagian besar spesies dapat ditemukan di dekat garis pantai. Ukuran tubuh mereka berkisar dari sedang hingga besar (lebar cakram 60 hingga lebih dari 200 cm) dengan bingkai berbentuk seperti sayap.

Pari elang menggunakan rahang dan giginya yang kuat seperti piring untuk memakan moluska dan krustasea, serta cacing dan ikan kecil bertulang. Keluarga Batoidea (pari) berkerabat dekat dengan keluarga hiu dan termasuk pari, skate, guitarfish, dan sawfish.
Spesies Baru Ikan Pari Elang Ditemukan di Perairan Abu Dhabi
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1638 seconds (0.1#10.140)