Karya Ilmiah DRRC UI Kontribusi Nyata dalam Inovasi Mitigasi Bencana

Senin, 30 Mei 2022 - 13:15 WIB
loading...
Karya Ilmiah DRRC UI Kontribusi Nyata dalam Inovasi Mitigasi Bencana
Bencana alam gunung berapi yang pernah meletus dan menyebabkan hujan abu vulkanik, FOTO/ IST
A A A
BALI - Bencana alam yang terjadi di Indonesia sering kali memakan korban jiwa bencana dan trauma pada keluarga yang tertimpa bencana. Terkait hal itu dengan konteks manajemen dan mitigasi bencana, Scientific Forum on Disaster Risk Reduction 2022 pada tanggal 25 Mei 2022 .



Event internasional ini diselenggarakan oleh Universitas Udayana berkolaborasi dengan University of Hawaii at Manoa yang bertempat di Kampus Udayana. Event Scientific Forum ini juga didukung oleh BNPB, USAID, AECOM, dan Mercy Corps.

Menyadari pentingnya event Scientific Forum tersebut, Disaster Risk Reduction Center Universitas Indonesia (DRRC UI) sebagai institusi akademis dan ilmiah di bidang kebencanaan telah turut berpartisipasi dengan mengirimkan delegasi sebanyak 12 orang.

Delegasi itu sendiri dipimpin oleh Prof. Fatma Lestari selaku Kepala Unit Kerja Khusus Pelayanan dan Pengabdian Masyarakat Fleksibilitas Penuh (UKK PPM FP) Pusat Penanganan Risiko Bencana atau dikenal juga sebagai DRRC UI.

Anggota delegasi yang menghadiri event itu sendiri terdiri dari berbagai latar belakang keilmuan yang mencakup Fakultas Kesehatan Masayarakat, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Sekolah Ilmu Lingkungan Magister Manajemen Bencana, mahasisiwa magister dan doktoral.

Pada event ini, Delegasi dari DRRC UI telah turut berkontribusi dalam menyumbangkan ide dan pikirannya sebagai chair dan karya ilmiah dalam bentuk presentasi oral dan poster.
Karya Ilmiah DRRC UI Kontribusi Nyata dalam Inovasi Mitigasi Bencana

Dalam Sesi 3 yang bertemakan Disaster Risk Governance and Management pada event Scientific Forum on Disaster Risk Reduction, Prof. Fatma Lestari telah dipercaya sebagai chair untuk memimpin jalannya Sesi 3.

“Kita harus mengedepankan kebijaksanaan dan kebudayaan lokal dalam rangka dan memperkuat masyarakat lokal untuk tingkatkan resiliensi masyarakat,” tegas Prof. Fatma dalam Sesi 3.

Sedangkan kontribusi lainnya dari Delegasi DRRC UI adalah presentasi karya ilmiah yang dipresentasikan oleh Andrio Adiwibowo, MSc. anggota periset DRRC UI dengan judul Progress, Challenges, and Gaps inInvesting in Human Capital and Preparing the Workforce for Disaster Management in Indonesia.

Drs. Adonis Muzanni, MEM. anggota periset DRRC UI menampilkan poster abstrak karya Ilmiah yang berjudul Fire Risk Analysis in Urban Area: A Case Study for Central Jakarta, Indonesia pada acara Scientific Forum on Disaster Risk Reduction tersebut.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1857 seconds (0.1#10.140)