2 Cara Menyelamatkan Diri dan Bertahan saat Terseret Arus Sungai

Sabtu, 28 Mei 2022 - 11:59 WIB
loading...
2 Cara Menyelamatkan Diri dan Bertahan saat Terseret Arus Sungai
Cara menyelamatkan diri dan bertahan saat terseret arus sungai yang deras dapat dihindari dengan memperhitungkan risiko sebelum mengarungi sungai. Foto/Tangkapan Layar SocaRider
A A A
JAKARTA - Cara menyelamatkan diri dan bertahan saat terseret arus sungai yang deras dapat dihindari dengan memperhitungkan risiko sebelum mengarungi sungai . Jika sudah terserat arus sungai yang deras, cara pertama untuk menyelamatkan diri adalah tetap tenang, tidak panik.

Deseret Dawkinds, Direktur Akuatik Keluarga YMCA San Antonio, menjelaskan jika Anda terjebak dalam masalah di dalam air, tetaplah tenang. “Sesulit apa pun, bagi siapa pun dalam situasi itu, adalah tetap tenang,” katanya dikutip SINDOnew dari laman kens5, Sabtu (28/5/2022).

Dawkinsd mengingatkan, sebelum memutuskan menyeberangi atau berenang di sungai harus memahami risiko terlebih dahulu, misalnya dengan melihat kondisi arus sungai dan kemampuan berenang. Kondisi permukaan sungai yang tenang, bukan berarti arus di bawahnya juga tenang, sebaliknya bisa jadi lebih deras.



Jika Anda sudah jatuh dan terseret arus, ada dua cara untuk bermanuver dengan menyusuri sungai agar selamat dan bertahan dari arus sungai yang deras. Berikut langkah yang perlu dilakukan saat tersera arus sungai dikutip dari laman theactivetime;

1. Metode yang paling direkomendasikan para ahli adalah berbaring telentang, dengan kaki mengarah ke hilir dan kepala diposisikan ke hulu.
2 Cara Menyelamatkan Diri dan Bertahan saat Terseret Arus Sungai

Foto/WikiHow

Bagian atas kaki Anda harus menyembul keluar dari air dan kepala Anda juga harus berada di atas air. Dengan cara ini, kepala Anda terlindungi dan kaki Anda akan terhindar dari kerusakan akibat batu dan puing-puing.

Lihatlah ke hilir dan tetap tenang, bernapaslah mengikuti aliran air, agar tidak terlalu banyak menelan air. Saat Anda tiba di daerah yang lebih tenang, balikkan badan dan berenanglah secara diagonal ke tepi, mengikuti arus.



2. Metode lain yang kurang populer adalah berenang tengkurap dengan posisi kepala ke hilir.
2 Cara Menyelamatkan Diri dan Bertahan saat Terseret Arus Sungai


Cara ini lebih mudah untuk mengontrol arah Anda mengikuti arus sungai, tetapi kepala Anda rentan terhadap benturan dengan batu dan benda lain di sungai. Tetap tenang, ikuti arus air dan cari tempat terlindung di mana air bergerak lebih lambat sehingga Anda bisa sampai ke tepi.

“Anda tidak bisa berenang langsung melawan arus, hanya akan melelahkan diri sendiri. Anda harus berenang secara diagonal ke garis tepi ketika arus sedang melambat," kata Dawkins.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3643 seconds (0.1#10.140)