4 Fakta Menarik Sungai Ruki, Memiliki Air Tergelap di Dunia

Jum'at, 27 Oktober 2023 - 12:40 WIB
loading...
4 Fakta Menarik Sungai Ruki, Memiliki Air Tergelap di Dunia
Sungai Ruki yang dijuluki sungai tergelap di dunia terletak di Kongo. (Foto: Oddity Central)
A A A
JAKARTA - Fakta Sungai Ruki menarik diulas pada artikel ini. Diketahui, Sungai Ruki terletak di Kongo. Menurut penelitian ETH Zurich, Sungai Ruki adalah sungai paling gelap di dunia. Bahkan Sungai Ruki ini dinilai lebih gelap dibandingkan Rio Negro, Amazon.

Berikut fakta-fakta menarik Sungai Ruki dirangkum dari berbagai sumber, Jumat (27/10/2023).

1. Tingginya Konsentrasi Bahan Organik Terlarut


Berdasarkan penelitian yang dilakukan peneliti ETH Zurich, Sungai Ruki berwarna gelap dikarenakan tingginya konsentrasi bahan organik terlarut. Selain itu, hampir tidak ada sedimen karena kemiringan sungai yang rendah. Melansir laman ethz.ch, warna pada Sungai Ruki dikarenakan senyawa karbon yang terlarut dari sisa tanaman yang membusuk serta terbawa oleh hujan hingga membanjiri Sungai Ruki.

2. Sungai Ruki Mempunyai Tingkat Kegelapan 1,5 Kali Lipat dari Rio Negro


Sungai Ruki mempunyai tingkat kegelapan 1,5 kali lipat dari Rio Negro di Amazon, yang dikenal sebagai sungai blackwater tergelap di dunia. Meski Sungai Ruki hanya mencakup seperduapuluh dari cekungan Kongo, Sungai Ruki mengandung seperlima dari total karbon terlarut di Kongo.


3. Daerah Aliran Sungai Ruki Luasnya Empat Kali Luas Swiss


Melansir Ethz.ch, tidak hanya air gelap tetapi Sungai Ruki juga mempunyai keunikan. Diketahui, daerah aliran Sungai Ruki yang luasnya empat kali luas Swiss ini masih ditutupi oleh hutan hujan dataran rendah primer yang belum tersentuh. Di sepanjang sungai, terdapat rawa gambut yang mengandung sejumlah tumbuhan mati yang belum terurai. Hal ini menjadikannya sebagai penyerap karbon yang signifikan.


4. Dijuluki Teh Hutan


Travis Drake, peneliti ETH Zurich, menggambarkan Sungai Ruki sebagai “Teh Hutan” yang diseduh dari tanaman yang kaya karbon. Warna air pada sungai membuat Sungai Ruki terlihat jauh lebih gelap dibandingkan dengan Sungai Rio Negro.
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1986 seconds (0.1#10.140)